Minggu 06 Desember 2020, 10:00 WIB

Menristek: Pandemi Buka Ruang Kolaborasi Inovasi

Despian Nurhidayat | Humaniora
Menristek: Pandemi Buka Ruang Kolaborasi Inovasi

ANTARA/PUSPA PERWITASARI
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (8/9).

 

Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, dibalik dampak pandemi covid-19 yang telah melanda berbagai sektor, pandemi juga telah membuka ruang kolaborasi untuk menciptakan terobosan baru yang inovatif serta dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa.

"Melalui konsorsium riset dan inovasi covid-19 yang diinisasi oleh Kemenristek/BRIN, saat ini lebih dari 61 produk inovasi karya anak bangsa dalam negeri telah dikembangkan. Mulai dari suplemen imuno modulator, rapid test kit, PCR test kit, G nose, mobile laboratory, BSL 2, ventilator dan telah disalurkan ke masyarakat," ungkapnya dalam Webinar KPCPEN bertajuk Menyiapkan Aset SDM Berkarakter dan Inovatif, Mendukung Kebangkitan Dunia Usaha di Era Pandemi, Sabtu (5/12).

Bambang juga menambahkan vaksin covid-19 dalam negeri, saat ini juga sedang dalam pengembangan yakni vaksin merah putih. Berbagai produk riset dan inovasi tersebut juga merupakan hasil sinergi triple halix antara perguruan tinggi, pemerintah dan industri dalam rangka percepatan penanganan pandemi.

Baca juga: PPNI Catat 2 Ribu Perawat Sembuh dari Covid-19

Pandemi juga dikatakan telah membawa perubahan signifikan terutama dalam kegiatan ekonomi masyarakat. "Ekonomi minim kontak atau less contact economy menjadi solusi untuk mendukung agar aktivitas ekonomi dapat tetap berjalan dengan meminimalisir kontak fisik dan maksimalkan penggunaan platform digital sebagai alternatif hyper konektifitas antar manusia," lanjut Bambang.

Percepatan pemulihan ekonomi nasional juga diupayakan oleh Kemenristek/BRIN melalui berbagai program. Pertama melalui program UMKM berinovasi yang merupakan upaya untuk mewujudkan UMKM 4.0 yakni UMKM yang terpapar dunia digital dan teknologi.

"Bersinergi dengan perguruan tinggi negeri dan swasta, melalui program ini Kemeristek/BRIN memberikan total 29 pendanaan kepada 27 perguruan tinggi yang tersebar di 11 provinsi untuk membantuk sektor UMKM berinovasi di tengah pandemi," sambungnya.

Kedua, program startup inovasi Indonesia, yakni penguatan ekosistem kewirausahaan berbasis teknologi melalui pendanaan dan pendampingan yang kini telah berjumlah 1.307 startup di berbagai sektor.

Ketiga, peningkatan ekonomi desa melalui program desa berinovasi yg merupakan program kolaboratif inisiasi Kemenristek/BRIN bersama Kemendes PDDTT melalui penerapan teknologi dan inovasi untuk menggerakan ekonomi dan mengurangi tingkat kemiskinan desa.

"Langkah tersebut menjadi upaya dalam percepatan penanganan kopid dan pemulihan ekonomi nasional serta membawa optimisme untuk kita semua agar bangkit dan lakulan akselerasi di berbagai bidang," ujar Bambang.

Hingga saat ini, lanjut Bambang, pihaknya berupaya untuk meningkatkan kompetensi riset dan inovasi anak negeri. Hal ini dilakukan agar nantinya Indonesia tidak hanya bangkit, tapi juga menjadi negara ekonomi berbasis teknologi dan keluar dari negara middle incone trap.

"Sehingga nantinya menjadi negara berpenghasilan tinggi sesuai dengan visi Indonesia 2045," pungkasnya. (H-3)

Baca Juga

Ist

President University Jalin Kerja Sama Pendidikan Profesi Advokat  

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 20:04 WIB
Kerja sama President University dan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) mewujudkan tuntutan profesionalitas para lulusan pendidikan...
Ist

Bamsoet Apresiasi MUI Raih SertifIkasi ISO dan Serukan Pertahankan MUI 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:54 WIB
Bamsoet mengapresiasi kinerja Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang kembali berhasil mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015 dari Worldwide...
MI/ Abdillah M Marzuqi

Ilham Habibie Maju dalam Pemilihan Waketum PII Periode 2021-2024

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:46 WIB
Ilham menilai PII sesuai dengan idealismenya dan memegang kunci mencapai visi Indonesia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya