Sabtu 05 Desember 2020, 19:40 WIB

PPNI Catat 2 Ribu Perawat Sembuh dari Covid-19

Faustinus Nua | Humaniora
PPNI Catat 2 Ribu Perawat Sembuh dari Covid-19

Dok PPNI
PPNI mengungkapkan sejak Maret hingga Desember tercatat 2.091 perawat sembut dari covid-19.

 

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mengungkapkan bahwa sejak Maret hingga Desember tercatat 2.091 perawat sembut dari Covid-19.

Berdasarkan data yang diterima Media Indonesia, angka tersebut hampir 60% dari total perawat yang dikonfirmasi positif Covid-19, yakni 3.804 dengan 136 lainnya dinyatakan telah gugur. Sementara itu, tercatat sebanyak 802 perawat dinyatakan kontak erat dengan pasien Covid-19, 237 perawat merupakan suspect dan 74 lainnya berisiko terpapar virus.

Baca juga: IDI: 192 Dokter Meninggal Akibat Covid-19

Harif Fadhilah, Ketua Umum PPNI menjelaskan bahwa sekitar 75% perawat yang meninggal akibat covid-19 umumnya bertugas di kamar rawat inap. Kemungkinan perawat tertular dari pasien sebelum hasil swab pasien keluar dari laboratorium atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Kami menyadari bahwa para tenaga kesehatan dari berbagai divisi sudah kewalahan menangani lonjakan pasien covid dan hasil swab yang harus diperiksa," tuturnya dalam keterangan resmi, Sabtu (05/12).

PPNI pun berharap dukungan pemerintah dan pengelola fasilitas kesehatan untuk meningkatkan kualitas perlengkapan pemeriksaan kesehatan. Sehingga bisa diperoleh hasil yang lebih cepat untuk mengurangi angka penularan di fasilitas kesehatan, termasuk pemeriksaan rutin untuk para tenaga kesehatan.

Adapun, Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia mengungkapkan dalam kurun waktu seminggu pertama bulan Desember 2020, angka kematian tenaga medis naik hingga tiga kali lipat. IDI pun mengimbau, masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan, sehingga tidak membahayakan orang lain. Bagi para tenaga medis dan kesehatan juga diminta agar tetap waspada dan tetap menggunakan APD dalam menjalankan tugas. (H-3)

Baca Juga

DOK Jago Coffee

Croffle on Wheels, Inovasi Fedwell untuk Pelanggan

👤Widhoroso 🕔Jumat 21 Januari 2022, 23:04 WIB
FEDWELL, salah satu restoran healthy food melakukan inovasi baru dengan menjual croffle dalam layanan mobile dan dapat dibuat langsung di...
Dok Kalbis Institute

Kalbis Institute Raih Juara Kompetisi Internasional di Malaysia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 22:25 WIB
Ajang ini melombakan ide bisnis internasional dan diikuti 80 kelompok dari berbagai universitas dari berbagai...
DOK/LLDikti

Perguruan Tinggi Didorong Segera Gelar PTM Terbatas

👤Widhoroso 🕔Jumat 21 Januari 2022, 21:48 WIB
PERGURUAN tinggi didorong untuk segera melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya