Rabu 25 November 2020, 23:37 WIB

Guru harus Jadi Teladan dan Sosok Inspiratif

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Guru harus Jadi Teladan dan Sosok Inspiratif

ANTARA
Guru harus jadi teladan dan sosok inspiratif

 

GURU harus menjadi teladan yang baik bagi siswa dan menjadi sosok inspiratif dan melayani siswa dengan sepenuh hati. Guru juga dituntut mampu mengamalkan nilai nilai luhur Pancasila dalam pendidikan karakter yang terus dikembangkan dan diperbaharui dengan semangat tinggi. Dengan demikian akan tercipta pemimpin masa depan yang Pancasilais.

Hal itu dikatakan Wijaya Kusumah, guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP Labschool Jakarta, Selasa (24/11). "Upaya yang dilakukan adalah menanamkan nilai nilai Pancasila ke dalam mata pelajaran PP KNdan mata pelajaran lainnya dalam bentuk kolaborasi serta mau berbagi kepada sesama di era digitalisasi saat ini," jelasnya.

Lebih jauh, Wijaya Kusumah mengatakan siswa harus diajak untuk berkontribusi dalam kegiatan teman asuh dan kepemimpinan sehingga tercipta kebanggaan kepada bangsanya. Misalnya dalam mata pelajaran PPKN berkolaborasi dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

"Hal ini bisa dilakukam dalam bentuk kegiatan drama atau kegiatan membuat buku bersama. Selain itu juga bisa dilakukan dengan kegitan berbagi kepada teman dalam bentuk bakti sosial dan kegiatan sosial lainnya tanpa melihat suku, agama, ras dan antargolongan," jelasnya.

Wijaya Kusumah juga menyebut nasionalisme siswa dapat dibangun dari kegiatan-kegiatan tentang para pejuang bangsa melalui mata pelajaran PPKN dan IPS "Di sini para siswa belalajar dari para tokoh nasional dan pahlawan bangsa," tegasnya. (R-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Teguh Prihatna

PAPDI Imbau Masyarakat Jangan Ragu untuk Vaksin Booster

👤 Atalya Puspa 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 10:27 WIB
Prof.Samsuridjal  mengungkapkan, masyarakat tidak perlu ragu dan takut dalam menjalani vaksinasi booster sesuai dengan...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

PAPDI Minta Warga tidak Ragu dan Takut Dapatkan Dosis Booster Vaksin Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 07:00 WIB
PAPDI juga meminta semua bidang dan sektor yang terlibat dalam program vaksinasi covid-19 juga turut memantau efektifitas dan keamanan...
Ist

Buat Film Dokumenter Inspiratif Butuh Riset Serius dan Panjang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:05 WIB
Dr. IGP Wiranegara, M.Sn mengatakan jika merekam kehidupan manusia atau tokoh, upayakan kita tahu betul kiprah sang tokoh, sehingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya