Senin 23 November 2020, 13:53 WIB

BPOM Sedang Analisa Data terkait Pemberian Izin Darurat Vaksin

Andhika Prasetyo | Humaniora
BPOM Sedang Analisa Data terkait Pemberian Izin Darurat Vaksin

Ilustrasi
Vaksin

 

BADAN Pengawas Obat dan Makanan  (BPOM) saat ini tengah menganalisa data-data yang diperlukan untuk pemberian Izin Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization/EUA) kepada vaksin Sinovac.

"Sekarang kami sedang menunggu proses analisa sehingga aspek keamanan efikasi bisa kita dapatkan. Jika sudah selesai, kami bisa berikan EUA sehingga vaksinasi bisa segera dilakukan," ujar Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito seusai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11).

Pelaksanaan vaksinasi semestinya selangkah lagi dapat dilakukan. Pasalnya seluruh tahapan uji klinis sudah dilewati dengan hasil yang baik.

"Alhamdulillah, aspek keamanan dalam uji klinis, pantauannya baik. Aspek mutu dari vaksin Sinovac juga baik," tuturnya.

Baca juga : MUI: Kerja Keras 10 Bulan Hancur oleh Kerumunan

Sebelumnya, Jokowi menagih proses pengadaan vaksin kepada Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Menurutnya, saat ini, sudah memasuki masa-masa penyelesaian administrasi dan pembayaran.

"Saya minta laporan mengenai vaksin. Kapan sampai di tangan kita. Ini mestinya surah proses administrasi, pembayaran sudah dilakukan," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Senin (23/11).

Kepala negara juga meminta laporan terkait kesiapan penyaluran vaksin di dalam negeri.

Proses distribusi harus dipastikan berjalan dengan sebaik-baiknya agar vaksin tetap dalam kondisi prima sehingga memberi efek maksimal kepada masyarakat.

"Mekanisme proses distribusi vaksin menurut saya paling penting agar perjalanan vaksin ke daerah-daerah berjalan aman dan lancar. Persiapan untuk cold chain, penjualnya seperti apa, itu harus segera disiapkan," ucap kepala negara. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/HO/Dok BPBD Flores Timur

PBB Berharap Indonesia Dorong Negara Lain untuk Berinvestasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 07:05 WIB
Berbagai program dan aksi mengurangi risiko bencana di tingkat nasional, kawasan, dan dunia membutuhkan pembiayaan yang...
MI/RAMDANI

Reza Rahadian Mengadvokasi Pentingnya Penguatan Kapasitas Masyarakat Menghadapi Bencana

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 06:00 WIB
Penguatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana memerlukan pembiayaan dari pemerintah dan lembaga pembangunan...
ANTARA

BMKG: Waspadai Dampak Bibit Siklon Tropis 92W di Laut Filipina

👤Widhoroso 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:51 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari bibit siklon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya