Selasa 14 Juli 2020, 19:05 WIB

6 Tips Mulai Berkebun Sayuran di Rumah bagi Pemula

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
6 Tips Mulai Berkebun Sayuran di Rumah bagi Pemula

Antara/Dhemas Reviyanto
Pengelola RPTRA Rustanti, Ahmad Sulaeman memeriksa bayam yang ditanam dengan sistem hidroponik di Rumah Susun Tanah Tinggi, Jakarta,

 

Bagi Anda yang ingin memulai coba cocok sayuran di rumah, ada beberapa tips yang mungkin bisa dipraktikkan untuk segera merealisasikan hobi berkebun di rumah masing-masing. Apalagi menanam sayuran yang bisa dikonsumsi sekeluarga.

Metode hidroponik cocok bagi Anda yang tidak memiliki lahan dan tanah yang cukup untuk mulai berkebun di rumah. Bahkan, Penggiat Jakarta Berkebun, Sita Pujianto telah melalukan metode tanam ini sejak 2013 lalu di kediamannya.

Menurut Sita, hampir sebagian kebutuhan sayurannya dipetik langsung dari balkon rumahnya yang disulap menjadi 'kebun'. Padahal luas 'kebun' Sita hanya 12 meter persegi.

Berikut ini beberapa tips berkebun di rumah sendiri yang disampaikan Sita dalam webinar dengan tema "Cengkeraman Iklim; Berkebun di Rumah dan Perubahan Iklim", pada Selasa (14/7).

1. Observasi sinar matahari
Keberadaan sinar matahari ke arah tanaman mesti berlimpah. Minimal dengan durasi pancaran selama 6 jam, 4 jam, atau 3 jam juga bisa.

"Yang penting ada matahari, cuma tetangga bisa panen satu setengah bulan, mungkin kita 2 bulanan jika kekurangan matahari," kata Sita.

2. Pastikan ketersediaan sumber air
Sumber air juga jadi hal yang penting untuk tanaman. Sita menyarankan pemanfaatan grey water atau air bekas terutama di musim kemarau. Tetapi pastikan grey water yang digunakan tidak mengandung bahan kimia.

“Misalnya air bekas cucian sayuran atau air cucian beras kalau bisa didiamkan selama semalam. Tujuannya agar terjadi fermentasi. Ini bisa digunakan untuk campuran kompos. Jadi, air AC, saya tampung buat menyiram tanaman,” jelasnya.

Anda bisa juga membuat fasilitas penampungan air hujan agar bisa dengan maksimal menampung air hujan untuk mengairi tanaman sayuran di rumah.

Baca juga: Janji 100% Lolos UTBK, Unair: Jangan Percaya. Itu Tipu-Tipu

3. Pilih tanaman jenis rambat

Jika berkebun di area balkon atau rooftop yang tak memiliki naungan di atasnya. Sebaiknya Anda menanam tanaman jenis rambat.

Tanaman rambat ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi sinar matahari yang berlebihan di waktu tertentu.

4. Perbanyak varian tanaman
Varian tanaman yang beragam akan bisa membentuk ekosistem yang baik untuk banyak jenis binatang yang biasa ada di kebun, misalnya belalang, capung, lebah, dan lainnya.

"Jangan menanam hanya satu jenis. Rumah butuh perlindungan support system. Jadi, kita butuh tanaman herbs, tanaman rimpang, tanaman yang berbau, tanaman yang wangi, tanaman yang berwarna, selain sayuran yang kita tanam,” paparnya.

5. Perhatikan estetika
"Kalau nanam di kota, kalau bisa agak cakepan dikit. Mungkin warnanya dibedakan. Jadi, tanam juga bunga yang bisa dimakan," lanjut Sita.

Berkebun di rumah bukan jadi alasan rumah jadi terkesan kumuh dan berantakan. Anda juga harus menjaga estetika kebun rumah agar mendapatkan keuntungan lebih, sehingga tanaman Anda cantik dan indah dipandang.

Di Indonesia, banyak tanaman bunga yang bisa dimakan, yaitu telang, zinia, bunga kertas dan bunga kenikir serta bunga kamboja.

6. Perhatikan sanitasi

"Perhatikan sanitasi di kebun rumah Anda," kata Sita. Jadi, sanitasi tidak harus menghalau segala hama ada di kebun.

Untuk penggunaan mulsa, Sita berharap tidak memakai plastik dan tidak menggunakan polybag. Sebagai gantinya, Anda disarankan mencari pot yang kokoh agar tidak cepat rusak.

"Ada cara mulsa yang lebih ramah lingkungan, yakni dengan mengunakan daun-daun kering, bahkan bisa memakai tanaman yang berakar pendek, sehingga mulsanya hidup dan bisa memanfaatkan sayurnya untuk dimasak," pungkasnya. (OL-14)

 

Baca Juga

Ist/Ilustrasi/wikihow

Pilihlah Produk Penata Rambut Pria Berbahan Aman dan Menyehatkan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:54 WIB
Celebrity stylist di New York, AS, Amy Komorowski, menyarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak wax, pomade, serum, maupun...
AFP/Rodger Bosch.

Pfizer/BioNTech Klaim Tiga Dosis Efektif Lawan Omicron

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:52 WIB
Dalam hasil awal yang diterbitkan pada Rabu, Pfizer dan BioNTech mengatakan vaksin mereka masih efektif dalam mencegah covid-19, juga...
Ilustrasi

Life Skill Anak Harus Ditumbuhkan Sejak Dini

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:20 WIB
Life skill atau kecakapan hidup adalah kecakapan yang dimiliki seseorang siswa untuk mau dan berani menghadapi permasalahan hidup dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya