Jumat 05 Juni 2020, 20:17 WIB

Soal Sistem Pendidikan, Putri Zulkifli Hasan Sindir Nadiem

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Soal Sistem Pendidikan, Putri Zulkifli Hasan Sindir Nadiem

Dok pribadi
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani

 

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengkritik Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim soal sistem pendidikan saat kenormalan baru atau new normal.

"Saya tunggu-tunggu, Mas menteri kok belum ada. Mas Menteri Pendidikan Nadiem Makarim harus segera berinovasi dan menerapkan sistem pendidikan new normal. Jangan tunggu-tunggu. Kebijakan hari ini tidak memberikan kepastian untuk pendidikan anak. Kami para pendidik butuh solusi konkret," kata Zita dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (5/6).

Baca juga: Putri Zulkifli Hasan Harap Anies tidak Bikin Rakyat Babak Belur

Menurut putri Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan itu, penting adanya sistem pembelajaran yang baru. Belajar dari rumah itu, kata Zita, kurikulum yang tidak jelas untuk jadi panduan.

"Mas Menteri sendiri juga terkejut akses internet tidak merata. Belum lagi, kualitas SDM pendidikannya yang masih belum adaptif terhadap teknologi, ini perlu dipersiapkan upgradingnya," kata dia.

Baca juga: Nadiem Makarim di antara Dua Pondasi Pendidikan Kita

Zita menyebut, sekolah atau sistem pendidikan yang sudah siap saat new normal, harus diuji pelaksanaanya apakah sesuai pendidikan online yang sesuai standar. Ia menyebut tidak perlu menunggu semua kembali normal karena memakan waktu yang lama.

"Justru kalau ada yang mulai, kita bisa jadi contoh buat yang lain. Kan Mas Menteri orang startup, saya yakin paham sekali bagaimana AB testing dalam menjalankan sebuah gagasan dan inovasi," ketus Zita.

Baca juga: Nadiem Makarim Lebih Produktif tanpa Medsos

"Kita tahu, Mas Menteri Nadiem ini latar belakangnya dari startup Gojek yang sukses se-Indonesia, bahkan merambah ke negara-negara tetangga. Pak Presiden Joko Widodo juga memercayakan sistem pendidikan Indonesia ke Mas Menteri. Kan skillnya itu jago di bidang teknologi informasi (TI) startup. Saya kira pasti bisa bikin inovasi terapkan sistem nasional online guided learning atau sistem belajar terpadu online nasional," pungkas Zita. (X-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Industri Pariwisata Mulai Menunjukkan Kebangkitan dari Pandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 20:12 WIB
Program promosi Traveloka EPIC Sale kelima yang digelar pada 5-11 Oktober 2021 mencatat peningkatan pemesanan lebih dari 1,5 kali lipat...
dok.medcom

Vaksinasi Dosis Pertama Lampaui 50% Sasaran

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 18:31 WIB
Capaian ini tentunya tidak lepas dari antusiasme dan peran aktif masyarakat di seluruh Indonesia mengikuti program vaksinasi...
IPB University

IPB Berikan Life Achievement Award kepada Pakar Kuda drh Wirasmono Soekotjo

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 17:40 WIB
IPB University menganugerahkan Life Achievement Award kepada mendiang drh Wirasmono Soekotjo saat peresmian FKH IPB Equestrian Park, 9...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya