Jumat 05 Juni 2020, 20:17 WIB

Soal Sistem Pendidikan, Putri Zulkifli Hasan Sindir Nadiem

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Soal Sistem Pendidikan, Putri Zulkifli Hasan Sindir Nadiem

Dok pribadi
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani

 

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengkritik Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim soal sistem pendidikan saat kenormalan baru atau new normal.

"Saya tunggu-tunggu, Mas menteri kok belum ada. Mas Menteri Pendidikan Nadiem Makarim harus segera berinovasi dan menerapkan sistem pendidikan new normal. Jangan tunggu-tunggu. Kebijakan hari ini tidak memberikan kepastian untuk pendidikan anak. Kami para pendidik butuh solusi konkret," kata Zita dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (5/6).

Baca juga: Putri Zulkifli Hasan Harap Anies tidak Bikin Rakyat Babak Belur

Menurut putri Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan itu, penting adanya sistem pembelajaran yang baru. Belajar dari rumah itu, kata Zita, kurikulum yang tidak jelas untuk jadi panduan.

"Mas Menteri sendiri juga terkejut akses internet tidak merata. Belum lagi, kualitas SDM pendidikannya yang masih belum adaptif terhadap teknologi, ini perlu dipersiapkan upgradingnya," kata dia.

Baca juga: Nadiem Makarim di antara Dua Pondasi Pendidikan Kita

Zita menyebut, sekolah atau sistem pendidikan yang sudah siap saat new normal, harus diuji pelaksanaanya apakah sesuai pendidikan online yang sesuai standar. Ia menyebut tidak perlu menunggu semua kembali normal karena memakan waktu yang lama.

"Justru kalau ada yang mulai, kita bisa jadi contoh buat yang lain. Kan Mas Menteri orang startup, saya yakin paham sekali bagaimana AB testing dalam menjalankan sebuah gagasan dan inovasi," ketus Zita.

Baca juga: Nadiem Makarim Lebih Produktif tanpa Medsos

"Kita tahu, Mas Menteri Nadiem ini latar belakangnya dari startup Gojek yang sukses se-Indonesia, bahkan merambah ke negara-negara tetangga. Pak Presiden Joko Widodo juga memercayakan sistem pendidikan Indonesia ke Mas Menteri. Kan skillnya itu jago di bidang teknologi informasi (TI) startup. Saya kira pasti bisa bikin inovasi terapkan sistem nasional online guided learning atau sistem belajar terpadu online nasional," pungkas Zita. (X-15)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Dubes RI Untuk Singapura Ungkap Hal Penting Atasi Pandemi,Apa Saja

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 22 Januari 2021, 23:16 WIB
Di Singapura, terangnya, ada dua pendekatan yakni menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di semua ponsel dan token yang dibuat bagi orang...
ANTARA

Pendidikan Karakter Faktor Penting Lahirkan Siswa Berbudi Pekerti

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 22 Januari 2021, 23:09 WIB
Dengan pendidikan karakter, siswa akan mendapatkan pondasi untuk menjadi manusia yang memiliki budi...
Ist

Memilih Camilan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:55 WIB
Berdasarkan studi, hampir semua anak Indonesia (97,7%) mengonsumsi lebih banyak camilan dan minuman kemasan daripada sayuran dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya