Selasa 15 Juni 2021, 05:55 WIB

Dicap Islam Radikal, Pria Prancis Gugat Netflix

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Dicap Islam Radikal, Pria Prancis Gugat Netflix

netflix.com
Cuplikan adegan dalam film Sentinelle

 

SEORANG warga Prancis keturunan Afrika Utara menuding Netflix melakukan diskriminasi rasial ketika mengecapnya sebagai radikal Islam dalam sebuah film aksi yang direkam tanpa sepengetahuannya. Hal itu diungkapkan kuasa hukum warga Prancis tersebut, Senin (14/6).

Sentinelle, film itu, mengambil setting di Kota Nice dan bercerita mengenai seorang prajurit pasukan khusus Prancis yang baru saja kembali setelah bertugas di Suriah dan memburu orang yang memperkosa adik perempuannya.

Satu adegan memperlihatkan protagonis film itu, Klara, mengintip dari teropong senapannya ke dua sahabat yang tengah mengucapkan selamat tinggal.

Baca juga: Bintang GoT dan Walking Dead akan Tampil di Serial Karya Snyder

Adegan itu direkam di Promenade des Anglais, jalur pejalan kaki di tepi pantai, tempat seorang radikal asal Tunisia menabrak 86 orang menggunakan truk pada 14 Juli 2016.

Subtitle yang diberikan Netflix memberikan deskripsi bahwa kedua orang itu adalah barbus, istilah merendahkan bagi warga muslim, yang berarti pria berjenggot.

Salah satu pria itu, seorang teknisi listrik asal Nice berusia 21 tahun, menggungat Netflix atas deskripsi itu, menuding perusahaan itu sengaja memicu diskriminasi dan kebencian rasial.

"Sutrarada film itu dengan seenaknya menggambarkan fitur warga keturunan Afrika Utara yang dia syuting dengan kelompok fundamentalis," ujar kuasa hukum pria itu, Jean-Pascal Padovani.

Fakta bahwa adegan itu diambil di salah satu lokasi serangan teror terparah sepanjang sejarah Prancis, imbuhnya, juga membuat tudingan itu semakin nyata.

"Tidak bisa diterima menyebut meraka yang berasal dari Afrika Utara berpotenis menjadi teroris," kecam Padovani.

Seorang juru bicara Netflix menolak mengomentari gugatan itu. Namun, mereka telah mencabut deskripsi barbus dalam film itu. (AFP/OL-1)

Baca Juga

MI/Ramdani

Angga Yunanda Bakal Tampil di Serial Antares di iFlix

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 20:00 WIB
"Antares" sendiri diadaptasi dari novel digital yang sudah dibaca lebih dari 52 juta di platform...
Instagram @_mariahwasa

Rilis Akun Youtube, Hwasa MAMAMOO Raih Subscriber Fantastis dalam Sehari

👤Lidya Tannia Bangguna 🕔Minggu 25 Juli 2021, 03:25 WIB
Hanya dalam 15 jam, sang bintang telah mengumpulkan lebih dari 130.000 subscribers, walaupun dalam kanal Youtubenya tersebut, baru...
Ist

Ini Makna Naurora di Album Baru Dewa Budjana

👤Astri Novaria 🕔Sabtu 24 Juli 2021, 13:37 WIB
Lima komposisi yang ada di album Naurora adalah kosmik warna-warna yang Budjana rasakan dan terlahir dari interpretasi akan situasi kondisi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya