Minggu 08 Januari 2023, 17:13 WIB

Pekan Depan, IHSG Diprediksi Rebound Terbatas

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pekan Depan, IHSG Diprediksi Rebound Terbatas

Antara
Pekerja membersihkan area di dekat layar pergerakan IHSG.

 

PRAKTISI pasar modal Hans Kwee menilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi uji resistance di level 6.750 sampai 6.953 pada pekan depan.

"Ini sebagai sinyal rebound terbatas dengan support di level 6.598 sampai level 6.509," ujarnya kepada wartawan, Minggu (8/1).

Pasar saham di Asia, seperti Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan dan Indonesia, tertekan selama periode lockdown yang diterapkan Tiongkok. Pada Jumat (6/1) lalu, IHSG dibuka melemah 0,52% ke posisi 6.619,12.

Baca juga: IHSG Tertekan Kekhawatiran Risiko Resesi Global

"Saat ini, pembukaan ekonomi negara tersebut membuat valuasi pasar saham Asia Tengah lebih murah. Serta, menimbulkan tekanan capital outflow dari pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia," imbuh Hans.

Adapun kenaikan suku bunga The Fed diperkirakan efektif menurunkan inflasi. Namun, tidak menimbulkan banyak masalah pada pasar tenaga kerja. Hal ini mendorong mayoritas bursa global bakal menguat.

Direktur Panin Asset Management Rudiyanto menyoroti kinerja IHSG pada 2022 yang ditutup naik 4,09%. Pada tahun lalu, tingginya harga batu bara dinilai menjadi sentimen positif IHSG di mata investor asing.

Baca juga: BI Naikkan Suku Bunga Jadi 5,5%, Tertinggi dalam 6 Tahun

Namun, kekhawatiran harga batu bara pada 2023 yang tidak sebaik tahun lalu, dapat mengubah persepsi investor asing. Serta, menjadi pemicu aksi net sell di pasar saham sejak Desember 2022 hingga awal Januari 2023 ini.

"Persepsi berubah dari waktu ke waktu. Bisa hari ini positif besok negatif dan sebaliknya," tutur Rudiyanto dikutip dari laman media sosialnya.

Menurutnya, kinerja IHSG sempat cukup lama bertahan di atas level 7000. Namun, penurunan signifikan harga saham GOTO yang masuk dalam indeks LQ45 dan IDX30 di Desember 2022, memaksa IHSG turun lebih dalam.(OL-11)

Baca Juga

Dok.SIG

SBI Raih Juara Pertama Investment Award 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:38 WIB
Investasi Pabrik Tuban dinilai perbaiki lingkungan, sosial, dan...
MI/USMAN ISKANDAR

Kondisi Politik akan Menentukan Geliat Ekonomi

👤Ficky Ramadhan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:38 WIB
Para pengusaha ataupun investor juga akan melihat dari track record calon Presiden tersebut untuk menjadi pertimbangan bagi para investor...
ANTARA

Kepemimpinan Kuat Erick Thohir Sedot Investor Besar Dari Luar Negeri

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:23 WIB
BUAH kepemimpinan Erick Thohir tiga tahun menahkodai Kementerian BUMN menuai banyak hasil gemilang. Berkat kebijakan Erick Thohir, sejumlah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya