Jumat 30 Desember 2022, 18:35 WIB

Sri Mulyani Apresiasi Kinerja BEI pada Tahun Ini

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Sri Mulyani Apresiasi Kinerja BEI pada Tahun Ini

Antara
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersiap mengikuti rapat kerja bersama Komisi XI DPR.

 

MENTERI Keuangan Sri Mulyani mengapresiasi kinerja Bursa Efek Indonesia (BEI) yang tergolong cukup apik pada tahun ini. Pasalnya, kinerja pasar saham di Tanah Air relatif jauh lebih baik, jika dibandingkan kinerja bursa di banyak negara yang terimbas dinamika perekonomian global.

"Ini adalah sesuatu yang exceptional, kita masih mengalami hijau, meski mungkin tidak setinggi yang diharapkan," ujar Ani, sapaan akrabnya, dalam penutupan perdagangan BEI 2022, Jumat (30/12).

Menurut Ani, apresiasi patut diberikan, karena di tahun yang cukup menantang, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat menyentuh titik tertinggi, yakni 7.318 pada 13 September 2022.

Baca juga: Wapres: Capaian Perdagangan BEI Jadi Pijakan Positif Pelaku Pasar

Hingga 30 Desember 2022, IHSG tercatat tumbuh 4,06% secara tahunan (yoy). Pertumbuhan itu disebut menjadi yang paling tinggi di kawasan ASEAN. Lalu, kapitalisasi saham tercatat Rp9.500 triliun, atau tumbuh 15,2% dari tahun sebelumnya. 

Sementara itu, jumlah perusahaan yang telah melantai di bursa sejauh ini tercatat 825 emiten. "Saya selalu meng-encourage kapan (jumlah perusahaan IPO mencapai) 1.000," pungkas Bendahara Negara.

Baca juga: Tahun ini 40 Perusahaan Lakukan Right Issue di Pasar Modal

"Jadi, pipeline tadi ada sekitar 40-an (perusahaan di tahun depan), mesti di-encourage terus. Saya rasa masih akan bisa ditingkatkan," imbuhnya.

Hal yang menarik dan menjadi catatan positif, lanjut Ani, ialah jumlah investor individu yang mencapai lebih dari 10 juta. Mayoritas dari jumlah tersebut merupakan masyarakat berusia di bawah 40 tahun.

Capaian pasar saham Indonesia yang relatif baik, juga menjadi modal sekaligus pendorong kinerja ekonomi nasional. "Ini suatu harapan dari sebuah perekonomian Indonesia yang harus kita terus pupuk bersama," tandas Ani.(OL-11)

Baca Juga

Dok.SBI

Kandidat Proper Emas, Kepala Daerah Se-Jawa Barat Studi Banding Pabrik SBI Narogong

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 14:58 WIB
Penerapan kaidah pertambangan yang baik oleh SBI merupakan komitmen untuk memberikan perlindungan terhadap lingkungan dan tanggung jawab...
Dok Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia Bidik 1.000 Kios untuk Pasarkan Pupuk Non Subsidi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 13:10 WIB
Pupuk Indonesia membidik 1.000 kios komersil, yang memasarkan pupuk non subsidi dan produk-produk Pupuk Indonesia lainnya, untuk beroperasi...
Ist

Lima Cara Meriset Produk Unggulan untuk Tingkatkan Omzet Penjualan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:24 WIB
Riset produk dapat menjadi cara untuk melihat perkembangan kompetitor sehingga Anda dapat mengembangkan produk dan layanan dengan lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya