Selasa 22 November 2022, 07:30 WIB

Aspek Pelaksanaan hingga Promosi

Tim ITB/ M-1 | Ekonomi
 

PROGRAM Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) merupakan upaya pemerintah melalui Kementerian Pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga. MKRPL didefinisikan sebagai rumah yang memanfaatkan pekarangan secara intensif melalui pengelolaan sumber daya alam lokal secara bijaksana, yang menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas, nilai, dan keanekaragamannya.

MKRPL sangat strategis tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Konsep dan batasan yang tercakup dalam program MKRPL ialah rumah pangan lestari, penataan pekarangan, pengelompokan lahan pekarangan terdiri atas lahan pekarangan perkotaan dan perdesaan, pemilihan komoditas, dan diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal.

Selain itu, dalam Pedoman Umum MKRPL disebutkan terdapat enam konsep dalam pengembangan MKRPL, yaitu kemandirian pangan rumah tangga pada suatu kawasan, diversifikasi pangan yang berbasis sumber daya lokal, konservasi baik tanaman-tanaman pangan maupun pakan termasuk perkebunan, hortikultura untuk masa yang akan datang, kesejahteraan petani dan masyarakat yang memanfaatkan kawasan rumah pangan lestari, pemanfaatan kebun bibit desa agar menjamin kebutuhan masyarakat akan bibit terpenuhi, baik bibit tanaman pangan, hortikultura, maupun perkebunan, termasuk ternak, unggas, ikan, dan lainnya, serta antisipasi dampak perubahan iklim.

Tim penulis menilai MKRPL sangat ditentukan aspek pelaksanaan, aspek pendukung, dan aspek promosi. Dalam aspek pelaksanaan harus dipersiapkan secara baik beberapa hal penting berikut:

(1) Juklak atau Juknis Program MKRPL yang mudah dipahami dan diimplementasikan.

(2) Sosialisasi program secara berkala pada berbagai tingkatan pelaksana agar

mereka termotivasi untuk melaksanakan MKRPL.

(3) Pendampingan secara berkala sehingga tujuan tercapai sesuai rencana.

(4) Monitoring dan evaluasi secara berkala untuk mendapatkan umpan balik guna penyempurnaan MKRPL dan pemecahan masalah teknis di lapangan.

Sementara itu, terkait dengan aspek pendukung, beberapa hal yang harus dipersiapkan ialah:

- Perencanaan kebutuhan benih/bibit dalam satu kawasan.

- Penyediakan alat/rak, media tumbuh seperti pupuk organik dan pupuk anorganik atau pestisida nabati sesuai kebutuhan.

- Keberadaan lembaga pasar untuk menampung kelebihan produksi (Koperasi Wanita/Kopwan, Kelompok Tani/Gapoktan, pedagang pengumpul, dan kemitraan usaha dengan swasta).

Hal yang dibutuhkan dalam aspek promosi:

- Temu lapang secara berkala untuk memotivasi dusun/desa sekitar yang belum melaksanakan MKRPL.

- Advokasi secara berkala ke pemangku kebijakan tingkat desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi tentang manfaat dan keuntungan ekonomi dari MKRPL.

- Adanya gerakan pengembangan MKRPL secara bertahap, terencana, dan selektif melalui proses sosial yang matang sehingga dapat berhasil dan berkelanjutan.

- Melakukan lomba-lomba pemanfaatan lahan pekarangan dan pengolahan hasil.  (Alfi Rumidatul/Dewi Larasati/Yani Suryani/ M-1) 

 

 

 

 

 

Baca Juga

Dok. DPR RI

Komisi VII DPR Dorong Penerapan Ekosistem Investasi yang Kondusif di Sektor Hulu Migas

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 09:00 WIB
Komisi VII DPR akan ikut dalam mengurai masalah investasi hulu migas. Berbagai hal akan didorong dan diupayakan Komisi VII DPR RI untuk...
Antara

Pemerintah Dorong Pengembangan Komoditas Ekspor Hortikultura

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 27 November 2022, 08:59 WIB
Pemerintah mendorong program Pengembangan Hortikultura Berorientasi Ekspor dengan pola Creating Shared Value (CSV) guna mengoptimalisasi...
Dok.Samanea Group

Samanea Hybrid Trade Outlet Perkuat Rantai Pasok dengan Jaringan Pemasaran Global

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:50 WIB
Samanea Group  mengembangkan kerja sama strategis dengan 9 perusahaan peritel branded yang memiliki basis e-commerce  kuat di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya