Minggu 13 November 2022, 18:30 WIB

Menteri BUMN: G-20 akan Beri Manfaat Nyata bagi Rakyat dan Negara

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Menteri BUMN: G-20 akan Beri Manfaat Nyata bagi Rakyat dan Negara

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir (ketiga kanan) saat menghadiri Pembukaan Pos Bloc Jakarta Tahap II di Jakarta, Kamis (10/11).

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan masyarakat Indonesia akan memperoleh manfaat dari diselenggarakannya G-20 di Tanah Air.

Acara pertemuan 20 negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu, menurutnya, bukan sekadar seremoni belaka. Ada banyak terobosan dan hal konkret yang dilakukan yang bisa membawa kebaikan bagi rakyat dan negara.

"Kita tahu Pak Presiden Jokowi selalu menekankan bagaimana food security, energy security. Itu yang akan menjadi isu ke depan," ujar Erick di Bali International Convention Center, Bali, Minggu (13/11).

Dengan tegasnya sikap Kepala Negara dalam menyuarakan isu-isu krusial itu, Indonesia kini dipandang sebagai negara yang berkomitmen tinggi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Cara itu pun dinilai bisa menarik para investor yang memiliki visi misi serupa hingga akhirnya roda perekonomian nasional bisa bergerak lebih kencang lagi.


Baca juga: Jokowi Luncurkan Pandemic Fund di G-20


"Dari situ kita bisa dan harus berani mengambil kesempatan karena kita negara yang bisa memperbaiki supply chain," lanjut Erick.

Ia juga menekankan bahwa dalam perhelatan G-20, pemerintah tidak hanya akan mendorong terjalinnya kemitraan di antara perusahaan-perusahaan besar saja. Pelaku usaha menengah dan kecil juga akan didorong untuk memperoleh manfaat signifikan.

"Kita jangan hanya terjebak pada kerja sama yang besar dan yang besar. Kita dorong juga yang small medium enterprises. Ini pun kita lakukan di BUMN. Bagaimana program-program seperti PMN Mekaar, KUR, dan pemaksimalan asset BUMN kita terus lakukan," jelasnya.

"Seperti Pos Bloc yang baru saja dibuka lagi di Pasar Baru. Aset BUMN itu bisa dimaksimalkan untuk perusahaan menengah dan kecil. Ini harus terus dikawal karena 65,4 juta pelaku usaha itu kecil dan menengah." (OL-16)

Baca Juga

Dok. DPR RI

Komisi VII DPR Dorong Penerapan Ekosistem Investasi yang Kondusif di Sektor Hulu Migas

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 09:00 WIB
Komisi VII DPR akan ikut dalam mengurai masalah investasi hulu migas. Berbagai hal akan didorong dan diupayakan Komisi VII DPR RI untuk...
Antara

Pemerintah Dorong Pengembangan Komoditas Ekspor Hortikultura

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 27 November 2022, 08:59 WIB
Pemerintah mendorong program Pengembangan Hortikultura Berorientasi Ekspor dengan pola Creating Shared Value (CSV) guna mengoptimalisasi...
Dok.Samanea Group

Samanea Hybrid Trade Outlet Perkuat Rantai Pasok dengan Jaringan Pemasaran Global

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:50 WIB
Samanea Group  mengembangkan kerja sama strategis dengan 9 perusahaan peritel branded yang memiliki basis e-commerce  kuat di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya