Minggu 13 November 2022, 17:07 WIB

Jokowi Luncurkan Pandemic Fund di G20

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Jokowi Luncurkan Pandemic Fund di G20

Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo secara resmi meluncurkan Pandemic Fund atau Dana Pandemi melalui siaran virtual di Nusa Dua, Bali, Minggu (13/11).

Jokowi berpandangan skema pembiayaan tersebut sangat dibutuhkan guna membenahi sistem kesehatan dunia, terutama untuk mengatasi ancaman pandemi global seperti covid-19.

“Tiga tahun terakhir kita menghadapi disrupsi terberat. Pandemi covid-19 membuktikan bahwa dunia tidak siap menghadapi persoalan seperti ini. Dunia tidak mempunyai arsitektur kesehatan yang memadai untuk mengelola pandemic,” ujar Jokowi.

Berkaca dari pengalaman pahit itu, sudah semestinya komunitas internasional memiliki strategi konkret yang bisa diandalkan jika masalah serupa terulang di masa mendatang.

Dengan adanya Pandemic Fund, dunia akan memiliki kapasitas pembiayaan untuk mencegah dan menghadapi pagebluk. Anggaran tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembangunan pusat infrastruktur, penelitian dan manufaktur medis secara merata di seluruh belahan Bumi.

Dengan demikian, kelak, ekosistem kesehatan akan tersinergi sehingga ketika terjadi persoalan serius di suatu negara, tindakan preventif langsung bisa dilakukan.

Hanya saja, dalam pelaksanannya, dunia membutuhkan biaya yang luar biasa besar yaitu US$31,1 miliar per tahun.

Sementara, sampai saat ini, uang yang sudah terkumpul dari 24 negara baru menyentuh US$1,4 miliar.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada para donatur, baik dari negara-negara anggota G20 maupun non-G20, serta lembaga-lembaga filantropi yang telah memberikan kontribusi. Namun itu masih belum mencukupi. Saya mengharapkan dukungan yang lebih besar lagi untuk Dana Pandemi ini,” pungkas mantan Wali Kota Solo itu. (OL-8)

Baca Juga

Dok. Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Raih Platinum Rank di ASRRAT 2022

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:21 WIB
Penguatan transparansi itu menjadikan hasil penilaian di ajang ASRRAT meningkat dari Gold Rank menjadi Platinum Rank yang merupakan level...
Dok.SIG

SIG Raih Penghargaan Top Sustainable Development Goals pada Ajang Top SDGs Award 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:23 WIB
SIG telah menetapkan tiga pilar sebagai prioritas keberlanjutan Perseroan sebagai kerangka dan acuan strategi perusahaan...
Dok. Bea Cukai

Sinergi Antarinstansi Dorong Implementasi NLE

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 20:35 WIB
NLE merupakan ekosistem logistik nasional yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya