Sabtu 12 November 2022, 19:25 WIB

Jokowi Ajak Jepang Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Indriyani Astuti | Ekonomi
Jokowi Ajak Jepang Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio.

 

PRESIDEN Joko Widodo membahas pentingnya pembangunan ekosistem kendaraan listrik. Hal itu disampaikannya saat berbicara pada KTT Ke-25 ASEAN – Jepang yang berlangsung di Sokha Hotel, Phnom Penh, Sabtu, (12/11). Presiden menilai Jepang memiliki kapasitas besar dalam infrastruktur dan industri hijau.

"Salah satu sektor potensial yang dapat dikembangkan adalah pembangunan ekosistem kendaraan listrik,” ucap Presiden Jokowi dalam KTT yang dihadiri pemimpin ASEAN dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida itu.

Potensi pengembangan kendaraan listrik di ASEAN menurut Presiden Jokowi, cukup besar dengan estimasi pasar mencapai USD2,7 miliar yang diproyeksikan pada 2027. Jepang, imbuhnya, dapat menjadi mitra utama ASEAN melalui alih teknologi dan investasi.

“Saya mengundang Jepang untuk meningkatkan investasi, terutama dalam manufaktur mobil listrik dan produksi baterai,” ucap Presiden.

Baca juga: Dukung G20, BRI Berikan Fasilitas Pembayaran Online dalam e-Visa

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia tengah mengembangkan eksosistem industri kendaraan listrik dari hulu ke hilir dengan target produksi mobil listrik mencapai 600 ribu unit dan 2,45 juta sepeda motor listrik per 2030.

“Kami juga telah menetapkan peta jalan pengembangan industri kendaraan berbasis baterai. Upaya ini akan mempertebal kontribusi kawasan Indo-Pasifik sebagai _epicentrum of growth_ dan di saat yang sama pada upaya global atasi iklim," jelas Presiden.

Pada 2023, ASEAN dan Jepang akan memperingati 50 tahun kemitraan, Presiden Jokowi berharap momentum emas tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun ekonomi kawasan yang lebih tangguh dan hijau. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Muhammad Adimaja

Dana Menumpuk Akibat Serapan Seret, Kemenkeu : Timbulkan Opportunity Lost

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 01 Desember 2022, 00:21 WIB
Pemda diharapkan segera melaksanakan kontrak dan mempercepat proses pengadaan barang dan jasa setelah perubahan...
Dok.Ist

Jasa Interior Ini Banjir Pesanan Sejak  Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:30 WIB
Hal lain yang membuat CG Interior lebih unggul adalah manufaktur dari mebel dan perabotan yang dilakukan sendiri di pabrik...
Ist

Ahli Waris Pegawai Lion Group Dapat Santunan JKK Sebesar Rp 448 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:11 WIB
Santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) BPJS Ketenagakerjaaan diterima ahli waris dari karyawan Lion Group yakni istrinya Megawati...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya