Rabu 02 November 2022, 17:04 WIB

Kemnaker: Utamakan Dialog, PHK Pilihan Terakhir

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Kemnaker: Utamakan Dialog, PHK Pilihan Terakhir

Antara
Seorang karyawan di Jakarta berjalan seusai bekerja.

 

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendorong semua pihak untuk mengedepankan dialog sosial bipartit. Tujuannya, menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah dinamika perekonomian. 

Kemnaker juga siap mendampingi semua pihak dalam mencari win-win solution. “Mari sikapi isu PHK secara berimbang. Terus kedepankan dialog dengan para pemangku kepentingan, sehingga PHK menjadi jalan paling akhir," ujar Direktur Jenderal PHI dan Jamsos Kemnaker Indah Anggoro dalam keterangannya, Rabu (2/11).

"Kemnaker bersama seluruh Dinas Tenaga Kerja di provinsi/kabupaten/kota akan selalu siap mendampingi untuk mencari solusi yang terbaik,” imbuhnya.

Baca juga: Permintaan dari Tiongkok dan AS Turun, Industri Garmen Goyang

Pihaknya telah berkoordinasi dengan lintas kementerian/lembaga, dinas ketenagakerjaan, serta mitra terkait guna memantau perkembangan PHK di Indonesia. Diketahui, telah terjadi PHK di beberapa sektor, meskipun semua pihak berupaya menghindari PHK dari masalah hubungan industrial.

“Kami telah menerima beberapa informasi terkait jumlah PHK, khususnya di sektor industri padat karya orientasi ekspor. Seperti, garmen, tekstil dan alas kaki,” pungkas Putri.

Baca juga: Labor Institute Indonesia Perkirakan PHK Masif Hingga Akhir 2022

Menurut Putri, sejumlah penyebab PHK mencakup dampak pandemi covid-19, transformasi bisnis di era digitalisasi, hingga geopolitik global. Kondisi tersebut berdampak pada pelamahan daya beli di sejumlah negara tujuan ekspor produk Indonesia.

Untuk mencegah meluasnya gelombang PHK dan perselisihan hubungan industrial, Kemnaker terus melakukan sejumlah upaya. Seperti, mendorong dialog bipartit antara manajemen/pelaku bisnis dan serikat pekerja/serikat buruh. 

Khususnya, pada sektor industri padat karya berorientasi ekspor dan industri berbasis platform digital. “Dialog ini bertujuan untuk mencari titik temu atas kendala di tingkat perusahaan, yang akan berdampak pada PHK dan perselisihan hubungan industrial," terangnya.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA

PLN Pasok Listrik ke Pabrik Gas Terbesar Indonesia di Batang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:44 WIB
Dukungan pasokan listrik itu ditandatangani MoU antara PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dengan PT. Jawa Tengah...
Ist

Gelar 'Activation Branding' di Stasiun MRT, Hanasui Hadirkan Para Pesohor

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:39 WIB
Dalam rangka meningkatkan brand awareness, produk kosmetik buatan dalam negeri, Hanasui, turut melakukan activation branding di stasiun MRT...
Antara

TLKM dan ASII Ikut Terimbas Merosotnya GOTO

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:06 WIB
Penurunan tajam harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) turut berdampak kepada terkoreksinya sejumlah saham emiten yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya