Senin 05 September 2022, 16:55 WIB

Imbas Kenaikan Harga BBM, Inflasi Diperkirakan Capai 6,8%

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Imbas Kenaikan Harga BBM, Inflasi Diperkirakan Capai 6,8%

ANTARA FOTO/Ampelsa
Papan harga bbm di SPBU kawasan Kota Banda Aceh, Aceh.

 

PEMERINTAH memperkirakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bakal mengerek tingkat inflasi ke level 6,6% hingga 6,8% hingga akhir tahun 2022. Sebab, kenaikan harga bensin berdampak pada peningkatan inflasi hingga 1,9%.

"Kita sudah hitung naiknya 1,9% dari kenaikan inflasi," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu saat ditemui di kompleks parlemen, Senin (5/9).

"Tapi ingat, kita sudah berhasil melakukan supply bahan makanan oleh Tim Pengendali Inflasi Pusat/Daerah (TPIP/D), sehingga kita jaga inflasi tidak terlalu tinggi. Kisarannya 6,6%-6,8% (hingga akhir tahun)," tambahnya.

Baca juga: IHSG Awal Pekan Ditutup Menguat meski Harga BBM Naik

Perkiraan inflasi tersebut naik dari proyeksi yang disusun oleh pemerintah sebelumnya, yakni di kisaran 4% hingga 4,8%. Febrio menyatakan, pemerintah optimistis tingkat inflasi hingga akhir tahun tak akan melampaui 7% meski harga BBM telah naik.

Terlebih, laju inflasi di Indonesia telah menunjukkan tren penurunan. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat inflasi pada Agustus berada di level 4,69% (year on year/yoy), turun dari posisi bulan sebelumnya yang tercatat 4,94% (yoy).

"Sampai akhir tahun kita berusaha tetap menjaga dengan semua kombinasi, yaitu harga pangan pangan terjaga, dan distribusinya ada, sehingga harapannya inflasi bisa di bawah 7%," pungkas Febrio. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Sebaran Investasi di ASEAN Dikuasai Singapura dan Indonesia

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 26 September 2022, 16:31 WIB
Namun, menurut Menteri Investasi/Kepaal BKPM, tidak adil jika hanya Singapura dan Indonesia yang menikmati. Seharusnya, sebaran investasi...
MI/Haryanto

Kawasan Industri Kendal Bangun Clustering Fasilitas Gas

👤Haryanto 🕔Senin 26 September 2022, 16:15 WIB
Subholding Gas Pertamina melalui afiliasinya PT Pertagas Niaga (PTGN) dan Kawasan Industri Kendal (KIK) menandatangani MoU penyediaan gas...
Dok. Kementan

Pembuka Rangkaian AMM G20 Besok, Global Forum Akan Bahas Pertanian Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 16:07 WIB
“Menteri pertanian atau perwakilan dari sejumlah negara akan memberikan short statement terkait priorities, actions, dan partnership...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya