Jumat 29 Juli 2022, 22:35 WIB

BP Tapera Percepat Pemutakhiran Data Peserta

mediaindonesia.com | Ekonomi
BP Tapera Percepat Pemutakhiran Data Peserta

Dok BP Tapera
Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana BP Tapera Eko Ariantoro

 

HINGGA 26 Juli 2022, sebanyak 1.088.174 peserta atau 26,7% dari seluruh peserta tabungan perumahan (khusus ASN/PNS) yang terdaftar di Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) telah melakukan pemutakhiran data. Saat ini total jumlah peserta yang tercatat aktif sebanyak 4.075.814 peserta.

Sisa peserta aktif yang belum melakukan pemutakhiran data diharapkan dapat segera melakukan updating data di portal kepesertaan Sitara. Hal itu sesuai dengan amanah PP No 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat, Pemberi Kerja dan Peserta Pekerja wajib melakukan pemutakhiran data kepegawaian dan data individunya.

Menurut Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana BP Tapera, Eko Ariantoro, salah satu upaya yang dilakukan untuk menggenjot pemutakhiran data peserta itu dengan menggelar Gelegar Rezeki Tapera. Pengundian perdana Gelegar Rezeki Tapera telah dilakukan di di kantor BP Tapera, Jakarta, Jumat (29/7), disaksikan wakil dari Kementerian Sosial dan notaris.

"Ditargetkan dengan adanya program Gelegar Rezeki Tapera ini, 80% dari peserta yang tercatat aktif bisa melakukan pemutakhiran data,” ungkap Eko Ariantoro optimis dalam keterangan pers, Jumat (29/7).

Dengan melakukan pemutakhiran data, peserta dapat menikmati beberapa manfaat antara lain pengecekan saldo tabungan beserta imbal hasil, menentukan prinsip pengelolaan dana baik secara konvensional maupun syariah.

Juga bagi kepesertaan yang memenuhi syarat eligible dapat mengajukan minat pembiayaan untuk kredit pemilikan rumah (KPR), pembangunan rumah dan renovasi rumah dengan suku bunga yang kompetitif. Serta bisa menentukan bank pencairan tabungan ketika nanti pensiun atau berakhir masa kepesertaan.

"Langkah ini kami lakukan sebagai upaya pendorong para peserta agar segera melakukan pemutakhiran data agar bisa menikmati manfaat yang ada demi mewujudkan rumah pertama bagi MBR," imbuh Eko.  

Gelegar Rezeki Tapera yang diselenggarakan dalam rangka percepatan pemutakhiran data (khusus PNS/ASN) itu sudah digelar sejak April 2022. Pengundian perdana ini diikuti oleh 952.906 peserta.

Rencananya pengundian hadiah ini akan berlangsung sebanyak tiga periode. Pemutakhiran data yang dilakukan April–Juni 2022, diundi pada Juli 2022, pemutakhiran data Juli-September 2022 akan diundi Oktober 2022, serta untuk pemutakhiran data Oktober-Desember 2022 akan diundi pada Januari 2023.

Peserta yang telah melakukan pemutakhiran data melalui sitara.tapera.go.id/peserta/login sejak 1 April 2022, secara otomatis dapat mengikuti program reward Gelegar Rezeki Tapera dan berhak memperoleh satu nomor undian untuk mendapatkan hadiah.

Total ada 156 hadiah yang nilainya mencapai miliaran rupiah berupa Samsung Tab A8, Handphone Samsung A03, Motor Honda Beat Deluxe, dan Grand Prize mobil Mitshubishi All New Expander GLS MT. (RO/X-12)

Baca Juga

Antara

Menteri ESDM Minta PT Vale Tingkatkan Produksi Nikel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:33 WIB
PT Vale Indonesia memiliki satu fasilitas pengolahan dan pemurnian nikel di Sorowako dengan kapasitas 70.000 ton nikel...
Dok PLN

PLN Kebut Penataan Infrastruktur Kelistrikan G20 di Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:55 WIB
Saat ini progres tersebut mencapai 88,6 untuk pengamanan kelistrikan...
MI/Bayu Anggoro

Sinergi KUB Untuk Pengembangan Bisnis BPD

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:54 WIB
POJK  mendorong penguatan permodalan BPD sehingga BPD dapat meningkatkan perannya sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya