Rabu 27 Juli 2022, 16:47 WIB

8 Proyek Dicabut dari PSN, DPR: Buat Perencanaan yang Komprehensif

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
8 Proyek Dicabut dari PSN, DPR: Buat Perencanaan yang Komprehensif

Antara
Potret pembangunan Makassar New Port (MNP) yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

 

WAKIL Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras meminta agar hasil dari perubahan jumlah proyek dan program dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), tetap sesuai dengan rencana target sebelumnya. 

Perubahan itu juga diharapkan tidak mengganggu keputusan yang telah dibahas oleh pemerintah dan parlemen. "Komisi V DPR meminta agar perubahan jumlah PSN dapat menghasilkan outcome yang dikehendaki, sesuai target rencana sebelumnya," ujar Andi saat dihubungi, Rabu (27/7).

Pihaknya pun meminta pemerintah untuk membuat skema yang paling baik, layak dan adil terkait ganti rugi lahan masyarakat. Mengingat, persoalan ganti rugi lahan kerap menjadi permasalahan terbesar dalam proyek infrastruktur.

Baca juga: Temui Kendala, Pemerintah Ubah Jumlah Proyek Strategis Nasional

Dia mendorong pemerintah melakukan investasi sosial kepada masyarakat di sekitar lokasi PSN. Khususnya, terkait pembebasan lahan dan penyerapan tenaga kerja, yang bisa berbasis program kerakyatan.

"PSN yang akan ditetapkan, dilakukan perencanaan yang komperhensif. Disosialisasikan secara transparan kepada masyarakat, agar tidak terjadi penolakan dari warga, seperti PSN Bandungan Tiro di Aceh," imbuh Andi.

Baca juga: Rupiah Melemah Jelang Keputusan The Fed

Dia juga mengigatkan pemerintah untuk tidak tunduk pada investor yang terlibat dalam pendanaan maupun penggarapan PSN. DPR siap melakukan pengawasan, agar pemerintah berani menindak secara tegas, jika terdapat penyelewengan spesifikasi dan baku mutu terkait pekerjaan proyek.

"Walau pembiayaan dari swasta, tidak bisa pemerintah didikte pelaksanaan maupun pengawasannya oleh swasta. Biasanya, jika investor dan pelaksana jadi satu, ada saja oknum swasta yang merasa power-nya besar," pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah mengubah jumlah PSN dari 208 proyek dan 10 program, kemudian menjadi 200 proyek dan 12 program. Hal itu dilakukan karena terdapat sejumlah kendala dan dalam rangka mempercepat penyelesaian pada 2024.(OL-11)

Baca Juga

Ist

TNI AD Tingkatkan Ketahanan Pangan Bersama Kepala BPIP 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:15 WIB
TNI Angkatan Darat menanam jagung di lahan milik PTPN seluas 1.140 hektare di Kampung Cibinong, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten...
Dok.Bank DKI

Aktif Digitalisasi Pasar, Bank DKI dan Perwakilan BI Jakarta Pantau Penerapan QRIS Di Pasar

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:53 WIB
Transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI tumbuh 29,42% (yoy) menjadi 477.262 dibanding periode Juli 2021 sebesar...
Dok. SRC

Tingkatkan Daya Saing UMKM, Sampoerna Gencarkan Pembinaan dan Digitalisasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:59 WIB
Menurut Teten, sebanyak 19 juta UMKM telah melakukan on-boarding digital hingga Mei 2022 dan diharapkan akan terus tumbuh mencapai 30 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya