Sabtu 28 Mei 2022, 20:52 WIB

Saudi Pengekspor Kurma Terbesar Sedunia pada 2021

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Saudi Pengekspor Kurma Terbesar Sedunia pada 2021

Antara/Irwansyah Putra.
Pekerja di Banda Aceh, Aceh, mengemasi kurma kualitas terbaik, beberapa waktu lalu.

 

ARAB Saudi menduduki peringkat pertama secara global dalam nilai ekspor kurma pada 2021. Menurut TradeMap dari International Trade Center dengan nilai ekspor kerajaan Islam tersebut pada 2021 melebihi 1,2 miliar riyal atau sekitar Rp4,7 triliun.

Menurut Saudi Press Agency (SPA) dikutip dari Gulf News, peningkatan nilai ekspor itu naik 110% sejak 2016. Kerajaan memperoleh peningkatan tahunan tertinggi dalam ekspor kurma sebesar 13% selama lima tahun terakhir.

Kurma segar dan kering menyumbang 77% dari total ekspor ke 113 negara. Nilai pohon palem dan kurma di Kerajaan mencapai hampir SR7,5 miliar atau 12% dari produk bruto pertanian dan 0,4% dari produk bruto nonminyak.

Jumlah pohon palem mencapai 33 juta. Ini mewakili 27% dari total jumlah pohon palem di dunia. Kerajaan telah berkontribusi untuk mendukung sektor palem dan kurma di tingkat internasional melalui beberapa inisiatif yang berkoordinasi dengan organisasi-organisasi PBB.

Baca juga: Inflasi Zimbabwe Melonjak ke 131,7%

Kementerian Lingkungan Hidup, Air, dan Pertanian serta National Center for Palms and Dates berhasil mempersiapkan dan mengimplementasikan inisiatif, lokakarya, dan program permanen melalui strategi eksekutif untuk inisiatif ini dengan cara, seperti mendaftarkan kurma sebagai buah super di UN Food dan Organisasi Pertanian (FAO) pada 2019. FAO mengesahkan pada 2017 sebagai tahun kurma internasional. Selain itu, koordinasi sekarang sedang berlangsung dengan FAO untuk mengumumkan tanggal hari kurma sedunia. (OL-14)

Baca Juga

Dok Modernland

Saat Pandemi, Modernland masih Mampu Catat Laba Rp458 M

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:10 WIB
Perseroan membukukan penjualan pemasaran Rp1,4 triliun. Segmen residensial mendominasi dengan Rp1,1 triliun, meski turun 18% ketimbang...
MI/BENNY BASTIANDY

Masuk Status Darurat, Daerah Dapat Geser Anggaran untuk Wabah PMK

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:15 WIB
Untuk melakukan pergeseran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kepala daerah dapat melakukan perubahan Peraturan Kepala Daerah...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Indonesia Ajak Negara Lain Berkontribusi pada Dana Perantara Keuangan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:50 WIB
FIF diharapkan dapat diluncurkan secara formal dan beroperasi pada September...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya