Kamis 19 Mei 2022, 16:24 WIB

Tingkatkan Kerja Sama, Bea Cukai Terima Kunjungan Kerja Instansi Lain Secara Terbuka

mediaindonesia.com | Ekonomi
Tingkatkan Kerja Sama, Bea Cukai Terima Kunjungan Kerja Instansi Lain Secara Terbuka

Ist/Bea Cukai
Bea Cukai Tanjung Perak menerima kunjungan para peserta pelatihan kegiatan ekspor dan impor yang tergabung dalam GINSI Jatim.

 

DALAM rangka menjalin sinergi dan kolaborasi di berbagai lini, Bea Cukai menerima kunjungan kerja dari berbagai pihak di sepanjang bulan Mei 2022.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Kamis (19/05) mengatakan pihaknya menyambut seluruh instansi, baik instansi pemerintah, swasta, maupun kelompok masyarakat untuk berkunjung ke kantor-kantor pelayanan Bea Cukai,

"Dengan tangan terbuka kami menyambut kunjungan berbagai pihak, khususnya yang ingin memahami aturan kepabeanan dan cukai, berkonsultasi perihal prosedur ekspor dan impor, atau menjalin kerja sama demi optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai di lapangan."

Sikap tersebut diwujudkan Bea Cukai Tanjung Perak yang menerima kunjungan para peserta pelatihan kegiatan ekspor dan impor yang tergabung dalam Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Jawa Timur.

"Kami tidak hanya memberikan edukasi kepabeanan kepada institusi kependidikan formal, tetapi juga bersedia menerima kunjungan dan memberikan edukasi kepada berbagai asosiasi yang menyelenggarakan pendidikan kepabeanan, seperti GINSI," ujar Hatta.

Baca juga: Bea Cukai Sidoarjo Gagalkan Dua Upaya Pengiriman Rokok Ilegal

Pada kegiatan yang berlangsung di Auditorium Bea Cukai Tanjung Perak tersebut, para peserta pelatihan menerima materi yang berkaitan dengan kepabeanan, meliputi penjelasan umum kawasan pabean, prosedur, hingga dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk ekspor impor.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan itu, seluruh peserta dapat memahami proses kepabeanan yang ada di Bea Cukai Tanjung Perak serta dapat membagikan ilmu yang didapat kepada pihak-pihak yang membutuhkan," ujar Hatta.

"Hal yang tak kalah penting juga kami sampaikan bahwa pelayanan di Bea Cukai tidak dipungut biaya, kecuali pembayaran pajak atau cukai yang dibebankan dan dibayarkan kepada negara melalui rekening resmi dan sistem penerimaan negara," jelasnya.

Bahasan ekspor dan impor juga mengemuka saat Bea Cukai Tanjungpinang menerima kunjungan dari PT Pelabukan Kepri (Perseroda).

Perusahaan yang telah ditetapkan sebagai pusat logistik berikat sekaligus pengusaha pusat logistik berikat ini mengunjungi Bea Cukai untuk mengkoordinasikan rencana kegiatan pemasukan kapal Floating Storage Unit (FSU) ke PLB PT Pelabuhan Kepri (Perseroda) di area Labuh Jangkar Tanjung Berakit Provinsi Kepulauan Riau.

"Direncanakan pemasukan FLU terlaksana pada akhir bulan Mei ini, sehingga perusahaan ingin berkonsultasi teknis penyelesaian kewajiban kepabeanannya. Kami pun memberi dukungan atas rencana kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut dan berharap kerja sama yang baik antara Bea Cukai Tanjungpinang dan perusahaan semakin baik kedepannya," harap Hatta.

Tak hanya menerima dengan hangat kunjungan para pengguna jasa untuk berkonsultasi, Hatta menyebutkan Bea Cukai juga melayani kunjungan kementerian/lembaga pemerintahan dalam rangka site visit ataupun studi banding.

Pada tanggal 12 Mei yang lalu, Bea Cukai Labuan Bajo menerima kunjungan Anggota Komisi XI DPR RI, Ahmad Yohan dan Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat, Marselinus Jeramun.

"Dalam kunjungan tersebut kami berkesempatan menyampaikan gambaran umum kegiatan pengawasan dan pelayanan yang dilakukan oleh Kantor Bea Cukai Labuan Bajo dan upaya kantor itu dalam memajukan perekonomian dan potensi daerah dengan mendorong pertumbuhan kegiatan ekspor di wilayah Flores dan sekitarnya, khususnya di wilayah Manggarai Barat," ujar Hatta.

Tak luput, turut disampaikan upaya Bea Cukai Labuan Bajo dalam mendukung program pemerintah yang berkaitan dengan pengembangan industri pariwisata dan persiapan penyelenggaraan event G20

. Juga, upaya preventif dan represif yang telah dilakukan secara intens oleh Bea Cukai Labuan Bajo dalam menggempur peredaran rokok ilegal.

"Kami berharap melalui kunjungan kerja ini, dapat tercipta dukungan dari instansi-instansi lainnya kepada Bea Cukai dalam usaha memajukan perekonomian dan potensi daerah, terutama melalui pemberdayaan UMKM untuk ekspor," tuturnya.

"Selain itu, kami juga ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkolaborasi dalam menekan peredaran rokok ilegal. Semoga dengan dukungan dan kerja sama dari semua pihak, Bea Cukai dapat mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsinya sehingga membawa manfaat besar bagi masyarakat dan negara," tutup Hatta. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Sudah Rp14 Ribu per Liter

👤M. Ilham Ramadhan Avisena/Andhika prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:39 WIB
Kendati demikian, pemerintah tetap menyalurkan minyak goreng curah murah kepada masyarakat di sejumlah wilayah...
Dok. Pribadi

Program Juragan Lele Sandiaga Uno Berhasil Dorong Warga Buka Usaha

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:08 WIB
“Lewat program Juragan Lele Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), salah satu warga Pesanggrahan berhasil menciptakan peluang...
AFP/Rami al Sayed.

Kapal Tanker Minyak Iran Ketiga Tiba di Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:35 WIB
Perjanjian tersebut telah terbukti penting bagi kedua negara. Maklum, ekonomi mereka berjuang di bawah sanksi Barat yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya