Rabu 27 April 2022, 14:28 WIB

Rusia akan Hentikan Pengiriman Gas ke Polandia-Bulgaria

Nur Aivanni | Ekonomi
Rusia akan Hentikan Pengiriman Gas ke Polandia-Bulgaria

AFP/John Macdougall.
Logo Gazprom di Jerman.

 

RUSIA akan menghentikan pengiriman gas ke Polandia dan Bulgaria pada Rabu (27/4). Itu dilakukan usai kedua negara tersebut menolak untuk membayarnya dalam rubel.

Bulgaria, yang hampir sepenuhnya bergantung pada Rusia untuk konsumsi gas tahunannya, mengatakan telah menerima kabar itu dari raksasa energi Rusia Gazprom. Menurut pernyataan Kementerian Energi Bulgaria pada Selasa, Gazprom mengatakan kepada perusahaan gas milik negara Bulgaria Bulgargaz bahwa mereka akan menutup pasokan gas mulai Rabu.

Kementerian energi mengatakan membayarnya dalam rubel sebagai hal yang tidak dapat diterima dan menimbulkan risiko yang signifikan bagi Bulgaria. Dikatakannya, pihak Bulgaria sepenuhnya memenuhi kewajiban dan melakukan semua pembayaran yang diperlukan berdasarkan kontrak pada waktu yang tepat dan sesuai ketentuan.

Badan-badan pemerintah Bulgaria mengambil langkah-langkah untuk membuat pengaturan alternatif untuk pasokan gas alam. Perusahaan gas milik negara Polandia PGNiG juga mengumumkan bahwa Moskow akan mematikan keran pasokan gas.

 

Dalam pernyataan pada Selasa, PGNiG mengatakan bahwa mereka akan sepenuhnya menghentikan pasokan gas di sepanjang pipa Yamal mulai Rabu pagi. "Pada 26 April, Gazprom memberi tahu PGNiG tentang niatnya untuk sepenuhnya menangguhkan pengiriman berdasarkan kontrak Yamal pada awal hari kontrak pada 27 April," bunyi pernyataan itu.

Gazprom tidak mengonfirmasi bahwa pasokan gas Rusia ke Polandia telah dihentikan, lapor kantor berita negara Rusia TASS pada Selasa, yang mengutip juru bicara perusahaan Sergey Kupriyanov. Kupriyanov menekankan bahwa Polandia harus membayar pasokan gas Rusia dalam rubel. Permintaan tersebut ditolak oleh Warsawa. (AFP/CNN/OL-14)

Baca Juga

Antara/Asep Fathulrahman

CIPS: Impor Beras Penting untuk Jaga Harga di Dalam Negeri

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 14:48 WIB
Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, harga tersebut mengalami kenaikan sebesar 4,98%. Hal ini disebabkan adanya dugaan...
DOK/TACO INDONESIA

Taco Hadirkan Produk Interior Bersertifikat

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 13:30 WIB
Taco mengantongi Standar Nasional Indonesia (SNI), International Organization for Standardization (ISO), Top Brand, Singapore Green...
Dok. Pribadi

Cegah Resesi, Pemerintah Diminta Bijak Kelola APBN

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 12:00 WIB
Meski di bawah ancaman resesi, Maudy mengapresiasi pemerintah dapat menekan laju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya