Jumat 01 April 2022, 22:54 WIB

Pastikan Stok Pangan Cukup saat Ramadan, Kepala Badan Pangan Nasional Lakukan Sidak 

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pastikan Stok Pangan Cukup saat Ramadan, Kepala Badan Pangan Nasional Lakukan Sidak 

Dok. Kadin DKI Jakarta
Kepala Badan Pangan nasional melakukan sidak ke Toko Daging Niusantara

 

UNTUK memastikan stok berbagai kebutuhan pokok tercukupi menjelang maupun selama bulan suci ramadhan 1443 H di berbagai ritel, Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo Adi pada Jumat (1/4) melakukan sidak ke Toko Daging Nusantara di Jl. Kranggan Jatiraden Jatisampurna Jawa barat. 

Prasetyo Adi menegaskan, sidak yang dilakukannya sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo untuk memastikan ritel yang dikunjunginya secara acak memiliki stok kebutuhan pangan yang cukup untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. 

“Kami ingin memastikan bahwa harga daging, terutama daging kerbau masih stabil di kisaran Rp80.000/kilo-nya sesui arah Presiden Joko Widodo. BPN juga ingin memastikan bahwa kebutuhan protein hewani masyarakat luas seperti produk bakso dan sosis berada dikisaran harga yang terjangkau,” ungkap Prasetyo Adi. 

Prasetyo Adi menyebutkan, konsumsi daging selama puasa biasanya meningkat. Untuk itu, BPN akan memonitor mobilisasi daging lokal dari sentra ternak seperti dari Sumbawa, Jawa tengah dan Jawa timur bisa cepat masuk bagi pasokan ke Jakarta, Bandung raya ,serta Banten. 

Untuk memastikan stok kecukupan daging selama puasa dan hari raya Idul Fitri, BPN juga akan memastikan Indonesia juga akan mengimpor daging sebanyak 20 ribu ton dalam waktu dekat dan dalam waktu berkala akan masuk stok daging lainnya hingga menjelang lebaran. 

Saat disinggung terkait minyak goreng yang sempat langka dan harganya melambung, Prasetyo Adi menjelaskan, semenjak Domestic Price Obligation (DPO) dicabut oleh Menteri perdagangan M Lutfi seharusnya retail modern telah memiliki stok minyak baik curah maupun untuk kemasan premium. 

Baca juga : Ketersediaan Daging Sapi, Ayam dan Telur di Sumatera Selatan Terpantau Aman

“Untuk yang minyak curah, seminggu pertama sebelum saat ini prosesnya adalah registrasi mengingat kementerian perindustrian memulai mengeluarkan peraturan menteri perindutrian No. 8/2022 mengenai minyak goreng curah. Registrasi di sistem, kemudian ada sistem namanya simirah memerlukan sosialisasi sehingga nanti profile produsen masuk kedalam satu sistem,”  jelas Prasetyo Adi. 

Prasetyo Adi mengimbau ke masyarakat selaam Ramadan agar belanja secukupnya, sehingga masyarakat lainnya juga tercukupi di saat membeli. 

“Belanjalah secukupnya, tidak perlu panic buying mengingat barang-barang yang akan dibeli oleh warga selama ramadan dipastikan memiliki stck yang memadai,” tandas Prasetyo Adi. 

Ketua KADIN DKI Jakarta Diana Dewi yang menerima sidak Ketua BPN Arief Prasetyo Adi di Toko Daging Nusantara menuturkan, momentum bulan suci Ramadan bukanlah waktu yang tepat untuk mencari keuntungan di sektor pangan. 

“Saat ini para pengusaha ritel,buatlah harga se-rasional mungkin selama berlangsungnya bulan suci ramadan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat bisa terbantu ketika membeli berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang tidak terlalu tinggi yang ditetaokan oleh para pengusaha ritel,” tutur Diana Dewi. 

Sebagai Ketua KADIN DKI Jakarta yang juga memiliki beberapa unit usaha ritel, Diana Dewi memastikan hingga hari raya stok daging dan berbagai kebutuhan pokok lainnya akan tercukupi dengan harga yang rasional. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. JULO

Literasi Finansial Digital, JULO Gelar Kampanye Siap Melesat dan Gelar Charity Run Bantu UMKM

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 15:21 WIB
Mikhal menegaskan pentingnya memanfaatkan akses kredit secara tepat untuk peningkatan kualitas...
AFP/Yasin Akgul.

Inflasi Turki Sentuh Level Tertinggi dalam Dua Dekade

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 15:00 WIB
Data menunjukkan bahwa inflasi utama didorong oleh lonjakan 123,4% dalam biaya transportasi dan peningkatan 94% pada minuman...
Dok.PLN

Menteri ESDM Respon Ketertarikan Rusia Kembangkan nuklir di Indonesia

👤Mediaindonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 15:00 WIB
Menurutnya, tawaran kerja sama bilateral dalam hal pengembangan nuklir bukan hanya dari Rusia saja, tetapi juga sejumlah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya