Selasa 22 Maret 2022, 23:50 WIB

Kemenhub Pastikan Pesawat Boeing 737-800 Masih Beroperasi di RI

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kemenhub Pastikan Pesawat Boeing 737-800 Masih Beroperasi di RI

AFP
Model pesawat Boeing 737-800 NG dinilai sebagai pesawat teraman di dunia.

 

DIREKTUR Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto memastikan, pesawat jenis Boeing 737-800 tetap beroperasi seperti biasa di Indonesia.

Hal ini usai kecelakaan China Eastern Airline yang jatuh di pegunungan wilayah Guangxi, China Selatan, pada Senin (21/3) sore dengan memakai pesawat jenis boeing yang sama. 

Baca juga: Labuan Bajo Terus Dipercantik Sambut Ajang Bergengsi Presidensi G20

Kecelakaan yang menimpa Boeing 737-800 milik China Eastern Airlines dengan membawa 123 penumpang dan sembilan awak pesawat itu diharapkan Kemenhub segera terungkap penyelidikannya.

“Kami menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada korban kecelakaan pesawat China Eastern Boeing 737-800 di wilayah Guangxi. Semoga proses penyelidikan penyebab kecelakaan segera diketahui," kata dia dalam keterangannya, Selasa (22/3).

Mengenai kecelakaan pesawat yang terjadi di Tiongkok, Novie mengatakan, saat ini Kementerian Perhubungan masih memonitor perkembangan situasi.

"Monitor ini hingga adanya informasi yang cukup dan jelas untuk mengambil kebijakan, khususnya penyelenggaraan transportasi udara," sebutnya. 

Peesawat jenis Boeing 737-800 yang masih beroperasi di Indonesia dipastikan proses pengecekan tetap berlangsung sebagai bagian dari audit berkala yang dilakukan para inspektur dari Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat.

Direktorat Jenderal Perhubungan udara sebagai regulator penerbangan sipil nasional bakal terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pengawasan, agar keselamatan dan keamanan penerbangan dapat terus dijaga. 

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengaku terus berkomunikasi intens dengan maskapai penerbangan khususnya domestik, serta meningkatkan pengawasan keselamatan operasi pesawat udara secara ketat. (OL-6)

Baca Juga

PPI Dunia

PPI Dunia Siap Dukung Penuh Hilirisasi Industri

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 11:07 WIB
Achyar menegaskan sikap PPI Dunia siap mendukung program pemerintah untuk kemajuan ekonomi...
Dok. DPR RI

Komisi VII DPR Dorong Penerapan Ekosistem Investasi yang Kondusif di Sektor Hulu Migas

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 09:00 WIB
Komisi VII DPR akan ikut dalam mengurai masalah investasi hulu migas. Berbagai hal akan didorong dan diupayakan Komisi VII DPR RI untuk...
Antara

Pemerintah Dorong Pengembangan Komoditas Ekspor Hortikultura

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 27 November 2022, 08:59 WIB
Pemerintah mendorong program Pengembangan Hortikultura Berorientasi Ekspor dengan pola Creating Shared Value (CSV) guna mengoptimalisasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya