Rabu 02 Maret 2022, 21:54 WIB

Konflik Rusia-Ukraina Bisa Dongkrak Harga Mi Instan

Pengirim: Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Konflik Rusia-Ukraina Bisa Dongkrak Harga Mi Instan

Unsplash/ Markus Winkler
Mi instan

 

KETUA Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi meminta pemerintah mengantisipasi adanya perkiraan kenaikan harga mi instan.

Menurutnya, konflik di Ukraina dikhawatirkan mengganggu suplai gandum ke Tanah Air. Hal ini pun bisa berimbas pada produksi mi instan. Indonesia diketahui menjadi salah satu negara pengimpor gandum terbesar dari Ukraina.

"Kemungkinan harga mi instan berdampak. Kami minta pemerintah untuk segera mengantisipasinya soal potensi permasalahan tersebut (suplai gandum)," jelas Tulus, Rabu (2/3).

Indonesia didorong mencari pasokan gandum dari negara lain untuk mengamankan stok pangan tersebut. Tulus menyebut, bakal ada gangguan distribusi gandum dari Ukraina di tengah konflik dengan Rusia.

"Indonesia masih impor gandum dari Ukraina sebesar 1,6 juta ton per tahun. Pemerintah harus cari solusi atas masalah ini," tegasnya.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik, nilai impor gandum dan meslin dari Ukraina, rata-rata di atas US$2,5 milar per tahunnya. Di 2018 misalnya, nilai impor gandum Indonesia menembus US$2,56 miliar, lalu melonjak menjadi US$2,79 miliar di 2019.

Dilansir Wall Street Journal, Rusia juga disebut pengekspor gandum terkemuka di dunia, dengan Ukraina tak jauh di belakang. Pada setahun terakhir, Rusia mengekspor lebih dari 39 juta metrik ton gandum, menurut data dari Departemen Pertanian AS. Ukraina pun juga dilaporkan mengirimkan hampir 17 juta ton gandum tahun itu.

Harga gandum di Chicago Board of Trade melonjak hampir 3%, naik ke level tertinggi sejak 2008 di tengah kekhawatiran atas gangguan pasokan yang berkepanjangan menyusul invasi Rusia terhadap eksportir gandum saingannya, Ukraina. (OL-15)

 

Baca Juga

Dok Pribadi

DPR Tinjau Pembangunan Perbatasan Indonesia-Malaysia

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 16:05 WIB
“Kawasan pos lintas batas negara (PLBN) merupakan gerbang terdepan wajah Indoneia, karena itu harus menjadi episentrum pengembangan...
MI/RAMDANI

Sambut HUT ke-77 RI, Transfer BI Fast di Livin’ by Mandiri Cuma Rp77

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 15:39 WIB
Program ini tetap bisa dilakukan secara realtime 24/7 dengan limit sama pada periode normal, yaitu Rp250 juta serta tanpa batas jumlah...
ANTARA FOTO/Seno

Indofood Berniat Kembangkan Mie Dari Sorgum Pengganti Gandum

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 14:27 WIB
Sorgum merupakan tanaman asli Indonesia yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya