Kamis 24 Februari 2022, 17:26 WIB

Rusia Serang Ukraina, Harga Minyak Dunia Tembus US$100/Barel

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Rusia Serang Ukraina, Harga Minyak Dunia Tembus US$100/Barel

AFP
Seorang pekerja memeriksa fasilitas produksi minyak milik Chevron di California.

 

HARGA minyak mentah Brent telah menembus US$100 per barel untuk pertama kalinya sejak 2014 pada Kamis (24/2) ini. Kondisi tersebut dipengaruhi serangan yang dilancarkan militer Rusia ke Ukraina. 

Tindakan Rusia berpotensi meningkatkan sanksi internasional yang selanjutnya dapat mengganggu pasar energi. Harga minyak terus meningkat selama lebih dari dua bulan, karena ancaman aksi militer Rusia yang nyata. Diketahui, harga minyak dunia naik lebih dari 40% dari posisi terendah awal Desember 2021.

Baca juga: Pasukan Rusia Serang Ukraina Usai Putin Izinkan Operasi Militer

Pada dini hari waktu Rusia, lebih dari satu jam setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer khusus di Ukraina, harga Minyak Mentah West Texas Intermediate naik 4,19% menjadi US$96 per barel.

Minyak mentah Brent, yang mengukur aktivitas internasional di Eropa, mencapai US$101,25 atau meningkat 4,5% dari harga sebelumnya. Harga minyak diprediksi terus meningkat dan mempengaruhi harga BBM di Amerika Serikat (AS). Warga AS bahkan membayar hampir satu dolar lebih banyak untuk satu liter bahan bakar.

Baca juga: Indonesia Mengecam Serangan Rusia ke Ukraina

Kalangan analis menilai sanksi terhadap Rusia, yang berkontribusi sekitar 10% dari pasokan minyak dunia, dapat mengganggu pasokan energi Eropa. Bahkan, dapat mengguncang harga minyak dunia.

Dalam pidatonya, Presiden AS Joe Biden memperingatkan bahwa sanksi yang dimaksudkan untuk menghukum Rusia, juga berpotensi memengaruhi konsumen AS. Biden diketahui akan bertemu dengan negara-negara Kelompok 7 untuk membahas lebih jauh terkait tindakan Rusia.(WashingtonPost/OL-11)

Baca Juga

Antara

Kepala Badan Pangan: Satgas Pangan Harus Awasi HET Beras

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 06 Februari 2023, 20:11 WIB
Langkah tersebut perlu dilakukan guna mencegah pedagang memainkan harga di...
Antara

Presiden: Hilirisasi Bisa Datangkan Manfaat Senilai US$715 Miliar

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 06 Februari 2023, 19:27 WIB
Kepala Negara menegaskan upaya ekstra untuk mendorong hilirisasi perlu dilakukan, agar Indonesia bisa keluar dari jebakan negara...
ANTARA

Harga Beras dan Minyak Goreng Belum Stabil Karena Stok Makin Menipis

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 06 Februari 2023, 19:24 WIB
Menanggapi soal harga beras, Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal mengatakan bahwa saat ini belum memasuki masa panen sehingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya