Kamis 24 Februari 2022, 17:19 WIB

Konflik Rusia-Ukraina, Respons Indonesia Harus Kepala Dingin

 Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Konflik Rusia-Ukraina, Respons Indonesia Harus Kepala Dingin

STRINGER / AFP
Konvoi kendaraan truk militer Rusia di Rostov, Rusia, yang berbatasan dengan negara yang baru dideklarasikan Republik Donestk (Ukraina).

 

KAMAR Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meminta pemerintah Indonesia tidak gegabah dalam merespons konflik antara Rusia dan Ukraina. Apalagi memilih untuk mengecam tindakan itu.

Pasalnya, pelaku usaha melihat kedua negara itu sebagai pasar potensial untuk dibuka kerja sama ekonominya dalam Hal perdagangan maupun investasi.

"Kami berharap pemerintah Indonesia merespons konflik Rusia-Ukraina dengan kepala dingin dan perhitungan yang matang," ungkap Wakil Ketua Umum Kadin Shinta Widjaja Kamdani kepada Media Indonesia, Kamis (24/2).

Memang diakui Kadin, Indonesia tidak memiliki hubungan ekonomi yang erat dengan kedua negara itu. Namun, bukan berarti Indonesia bisa bertindak sesuka hati menanggapi konflik Rusia-Ukraina.

Baca juga; Kadin : Invasi Besar Rusia ke Ukraina Bakal Ganggu Pasokan Minyak ke RI

Pemerintah diminta dapat melakukan langkah antisipatif terhadap kemungkinan kenaikan harga minyak global dan dampaknya terhadap inflasi serta proyeksi pemulihan ekonomi nasional.

"Jangan sampai faktor pergolakan harga minyak global yang disebabkan oleh konflik Rusia-Ukraina jadi merugikan atau membebani pelaku usaha dan masyarakat Indonesia," tegas Shinta.

Dia mengatakan, Rusia sendiri telah dikenakan sanksi oleh negara-negara barat dalam bentuk embargo terhadap produk-produk perdagangan ke dan dari Rusia.

Potensi embargo yang perlu dipertimbangkan akan terjadi bila konflik tidak dapat diselesaikan dan negara seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa terus bersikeras melakukan embargo ke Rusia.

"Ini akan menyusahkan transaksi perdagangan, investasi dan transaksi finansial antara Indonesia-Rusia sehingga kegiatan ekonomi kita akan stagnan atau menurun sepanjang embargo tersebut diberlakukan," tutur Shinta. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Ist

Dorong Inklusi Keuangan, Aladin Bank Gandeng Perusahaan Ritel

👤mediaindonenesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:42 WIB
Hingga akhir 2020 penetrasi perbankan syariah di Indonesia masih tertahan di angka...
medcom.id

Mengenal Tugas, Fungsi, dan Gaji untuk Bagian Manajemen Pemasaran 

👤Pierre Lavender 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:57 WIB
Manajemen pemasaran (marketing management) harus diperhatikan oleh sebuah organisasi atau perusahaan karena berkontribusi banyak untuk...
Ist

Langkah Menko Airlangga Tangani PMK, Wujud Negara Hadir

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:50 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang mengganti rugi bagi para peternak atas sapi-sapi yang terkena wabah PMK dapat respon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya