Jumat 14 Januari 2022, 07:00 WIB

Siap-Siap,  Pertamina Geothermal Energy Bakal IPO

Mediandonesia.com | Ekonomi
Siap-Siap,  Pertamina Geothermal Energy Bakal IPO

Antara/Adwit B Pramono
PGE maksimalkan pemanfaatan panas bumi.

 

WAKIL Menteri BUMN II, Pahala Nugraha Mansury mengatakan, Indonesia tengah meningkatkan penggunaan  energi baru dan terbarukan (EBT). 

Salah satu yang paling mudah dikembangkan adalah penggunaan geothermal. BUMN diharapkan dapat mengoptimalkan geothermal di kawasan yang dikelola sendiri. Saat ini, baru 9% wilayah geothermal yang berproduksi dengan kapasitas 1.900 mega watt (MW).

Guna mendanai pengembangan EBT, Kementerian BUMN siap melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering/IPO untuk  PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Bursa Efek Indonesia (BEI).  IPO PGE ditargetkan bisa terealisasi pada semester I 2022. 

 "Insya Allah, PGE ini targetnya di semester I-2022 ini. Diregistrasi Maret, IPO kemudian di bulan Juni mungkin," ujarnyadalam salah satu sesi wawancara, dikutip Rabu (12/1/2022).

Selain memaksimalkan pembangkit listrik yang sudah ada, anak usaha PT Pertamina (Persero) itu juga dapat menghasilkan produk hijau, seperti hidrogen hijau dan amonia hijau. Penggunaan EBT akan dapat meningkatkan kualitas udara dan mendukung pencapaian target pengurangan emisi gas rumah kaca nasional.

Saat ini, PGE mengelola 15 wilayah kerja dengan kapasitas 1.877 MW. Dengan rincian, 672 MW dioperasikan sendiri dan 1.205 MW merupakan kontrak operasi bersama. Untuk meningkatkan pemanfaatan panas bumi, PGE mengembangkan teknologi baru dengan menggunakan binary cycle.  (RO/E-1)

Baca Juga

Antara/Aditya Pradana Putra

Mendag Sebut Harga Bahan Pokok Berangsur Turun 

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 18 Januari 2022, 23:58 WIB
Saat ini, dia katakan, harga barang pokok sudah berangsur turun signifikan. Harga cabai rawit merah saat menjelang Nataru sempat tembus...
DOk. HCMl

Lapangan Gas MAC HCML Siap Berproduksi 

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 18 Januari 2022, 22:50 WIB
Saat ini, perusahaan sudah menandatangani perjanjian jual beli gas dengan PT Petrokimia Gresik, PT Bayu Buana Gemilang, dan PT Inti...
Antara/Fakhri Hermansyah

Gunung Prisma Dorong Penerapan Ekonomi SIrkular di Industri Baja 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 18 Januari 2022, 22:48 WIB
"Melalui penyediaan bahan konstruksi berbahan baja yang didapatkan dari produsen dengan teknologi hijau dan solusi yang berkelanjutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya