Selasa 14 Desember 2021, 20:51 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Ajak Perusahaan Bantu Lindungi Pekerja Rentan

mediaindonesia.com | Ekonomi
BPJS Ketenagakerjaan Ajak Perusahaan Bantu Lindungi Pekerja Rentan

Ist
HR Manager PT Inggris Prima Indonesia Diah Kurniati menerima piagam dari Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Sudirman, Suhuri.

 

BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK mengajak perusahaan membantu pekerja rentan, seperti pemulung, guru honorer, dan pedagang kaki lima, agar terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Salah satu caranya adalah menalangi iuran Jamsostek mereka. Dengan begitu, para pekerja rentan tidak khawatir untuk bekerja semaksimal mungkin meski menghadapi risiko sewaktu-waktu.

BPJAMSOSTEK mencatat, pekerja rentan adalah mereka yang memiliki risiko tinggi dalam bekerja. Upah mereka sangat minim. Hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum.

Kehidupan mereka serba terbatas, jauh dari standar layak hidup masyarakat yang bekerja di kantor atau membangun wirausaha. Mereka tersebar di berbagai area kota.

PT Inggris Prima Indonesia (EF English Center For Adults) berkomitmen membantu pekerja rentan agar terlindungi Jamsostek.

Melalui program peduli perlindungan pekerja rentan, perusahaan ini mendistribusikan bantuannya berupa iuran jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian untuk seratus pekerja rentan.

Dalam keterangan pers, Selasa (14/12), HR Manager PT Inggris Prima Indonesia Diah Kurniati menjelaskan komitmennya untuk terus berinovasi membangun SDM Indonesia.

"Sumber daya yang dibutuhkan adalah berwawasan internasional dan berdaya saing untuk menghadapi persaingan global," jelasnya.

"Salah satu langkah menuju ke sana adalah kepastian terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan. Dengan adanya perlindungan semacam itu, karyawan akan optimistis meningkatkan performanya, sehingga kinerja dan penghasilan mereka meningkat," kata Diah Kurniati. 

Tak hanya pekerja penerima upah, mereka yang berstatus bukan penerima upah (BPU), seperti pekerja rentan, juga termasuk di dalamnya. Bahwa pekerja BPU juga mempunyai masa depan yang cerah dengan sungguh-sungguh menjalani pekerjaannya.

Mereka pun berhak mendapatkan perlindungan negara melalui jamsostek agar ekonomi mereka terlindungi apabila mengalami risiko kerja.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Sudirman, Suhuri, mengapresiasi upaya English First.

"Komitmen membantu iuran jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian untuk seratus pekerja rentan mengandung empati besar membantu kaum lemah, seperti pekerja rentan," kata Suhuri.

"Pihaknya optimistis upaya ini akan terus bergulir. Akan ada pihak lain yang juga membantu pekerja rentan sehingga semakin banyak lagi yang terlindungi," tutrnya.

Peduli perlindungan pekerja rentan merupakan program perlindungan bantuan kepada kelompok masyarakat yang masuk ke dalam pekerja rentan, agar mereka dapat memperoleh perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Gerakan ini membayarkan iuran para pekerja bukan penerima upah (BPU), yang belum mampu untuk menjadi peserta Jamsostek secara mandiri karena keterbatasan penghasilan. Seperti petani, nelayan, pedagang kecil, pemulung, tukang ojek, dan lain lain," ujar Suhuri.

Peduli perlindungan pekerja rentan merupakan inovasi sosial yang ditujukan untuk membantu perlindungan pekerja rentan melalui donasi pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Pendanaan program tersebut diambil dari penganggaran CSR perusahaan swasta, BUMN/BUMD ataupun sumbangan masyarakat secara individual," papar Suhuri. (RO/OL-09)

“Kami mengajak para pengusaha, karyawan, dan seluruh elemen, untuk berpartisipasi. Ini merupakan donasi untuk keberlangsungan saudara kita para pekerja rentan yang hidupnya serba terbatas. Mereka adalah warga negara, sama seperti kita, yang membutuhkan perlindungan Jamsostek,” kata Suhuri.

Baca Juga

MI/USMAN ISKANDAR

Ini Besaran Gaji Pramugari Terbaru

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:44 WIB
Pramugari merupakan staf atau karyawan perusahaan pengangkutan umum (baik udara, darat, dan laut) yang bertugas melayani...
Dok. Sino Ocean Grouo

Sukses Kembangkan Hunian di Sejumlah Negara, Sino Ocean Group Rambah Indonesia Lewat Auraya Suites

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:27 WIB
Auraya Suites, berlokasi di segitiga emas Alam Sutera, tepatnya di Jalan Alam Sutera...
Antara/Ari Bowo Sucipto.

Patuh Persyaratan agar Ekspor Tanaman Hias Lancar

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:14 WIB
Peluang ekspor tanaman hias Indonesia masih terbuka lebar. Permintaan dari negara-negara di dunia masih cukup tinggi dengan pertumbuhan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya