Selasa 16 November 2021, 22:46 WIB

Airlangga Ajak Belanda Investasi Bidang Digital, Industri 4.0, dan Semi-Konduktor

mediaindonesia.com | Ekonomi
Airlangga Ajak Belanda Investasi Bidang Digital, Industri 4.0, dan Semi-Konduktor

Ist
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

 

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengadakan pertemuan virtual dengan Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan Belanda Tom De Bruijn, Selasa (16/11).\

Dalam pertemuan itu, Menko Perekonomian Airlangga mengajak Belanda untuk menaikkan kembali perdagangan dan investasinya di Indonesia. 

Airlangga juga secara khusus menyarankan investasi di bidang digital seperti data center, infrastruktur digital, industri 4.0, dan semi-konduktor. Karena Indonesia memiliki industri tembaga atau nikel sebagai bahan mentah untuk semi-konduktor.

Airlangga juga mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan insentif seperti Tax Holiday berdasarkan pada total investasi.

Menurut Airlangga, sebagai partner strategis, masih banyak potensi perdagangan dan investasi yang masih bisa dieksplorasi lebih dalam antara Indonesia dengan Belanda

Nilai perdagangan kedua negara meningkat 26,27% atau sebesar US$2,9 miliar (Januari-Juli 2021) jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Terkait investasi, total investasi Belanda di Indonesia lebih dari US$1,4 miliar di 2020 (peringkat investor ke-6). Adapun beberapa perusahaan Belanda yang sudah mempunyai nama besar di Indonesia seperti Unilever, Lux, Frisian Flag, Phillips, dan beberapa lainnya.

“Saya senang perusahaan Belanda sudah memutuskan untuk mengembangkan operasi bisnis juga investasinya di Indonesia. Misalnya Unilever Oleochemical yang akan mengembangkan portofolio bisnisnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei Sumatera Utara,” jelas Menko Airlangga.

Mengenai pengembangan bisnis perusahaan Belanda di Indonesia, Menko Airlangga mendukung lebih banyak perusahaan lagi melakukan hal yang sama. Apalagi Indonesia sudah merilis UU Cipta Kerja yang salah satu pengaturannya adalah tentang KEK.

"Dengan pelaksanaan UU Cipta Kerja, maka lebih banyak lagi insentif yang diberikan untuk KEK di seluruh Indonesia," jelasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

BPJAMSOSTEK Beri Penghargaan kepada Sejumlah Perusahaan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:56 WIB
Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan yang telah berkontribusi besar terhadap coverage BPJS Ketenagakerjaan melalui perlindungan...
ANTARA/SIGID KURNIAWAN.

G20 Dorong Pemulihan Ekonomi di tengah Eskalasi Tantangan Global

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:41 WIB
Dalam pertemuan tersebut, juga hadir beberapa pembicara eksternal dari kalangan akademisi dan pelaku pasar yang turut memberikan beragam...
DOK BNI

BNI JJF 2022 Makin Pecah, BNI Pamerkan Metaverse hingga Siapkan Hadiah iPhone 13 Pro

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:18 WIB
Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies menuturkan bahwa animo masyarakat terhadap gelaran acara ini sangat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya