Jumat 22 Oktober 2021, 13:49 WIB

Garuda Ditargetkan Bergabung ke Holding Aviasi pada 2023

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Garuda Ditargetkan Bergabung ke Holding Aviasi pada 2023

AFP/Chaideer Mahyuddin.
Pesawat Garuda Indonesia.

 

WAKIL Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menargetkan PT Garuda Indonesia Tbk akan bergabung dengan Holding BUMN PT Aviasi Pariwisata Indonesia/Aviata (Persero) pada 2023. Ini segera direalisasikan setelah restrukturisasinya.

Ia mengatakan penggabungan pada holding pariwisata tersebut akan melalui tiga tahap. Tahap pertama telah selesai pada triwulan III 2021, kedua pada triwulan IV 2021, dan ketiga di 2023. Tahap pertama pihaknya telah berhasil menggabungkan PT Hotel Indonesia Natour (HIN), PT Sarinah (Persero), PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, dan PT Taman Wisata Candi (TWC).

Kemudian, proses inbreng PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pada tahap kedua. "ITDC akan menyusul pada triwulan IV 2021 pascaproses penyertaan modal negara (PMN) sebagai persero," kata Kartika dalam webinar peringatan Hari Santri Nasional, Jumat (22/10).

Selanjutnya, Garuda akan bergabung dengan Aviata pada tahap ketiga setelah proses restrukturisasi selesai. Saat dibentuk, Aviata digagas untuk bisa membangun peningkatan kontribusi sektor pariwisata. Namun saat covid-19 tugas holding BUMN tersebut diatur ulang agar bisa melakukan restrukturisasi pascapandemi.

Baca juga: Persaingan makin Sengit, Siapa Juara E-Commerce Indonesia pada 2021?

Fokus Aviata saat ini yaitu turut menyelenggarakan kegiatan besar yang diharapkan bisa menjadi katalis untuk pemulihan sektor pariwisata Indonesia. Salah satunya, yakni kegiatan World Superbike di Mandalika pada November 2021 yang akan menjadi awal pemulihan sektor pariwisata dan bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru pascapandemi covid-19. (OL-14)

Baca Juga

DOK BP BATAM

BP Batam Paparkan KEK Kesehatan Internasional Sekupang pada Insight Webinar di Singapura

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 11:26 WIB
Selain BP Batam, webinar ini juga diikuti oleh BP Bintan dan BP Karimun, serta Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang masing-masing...
Dok. Paramount Land

Bisnis Kuliner Jadi Daya Tarik Kota Mandiri

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 11:16 WIB
Gading Serpong telah berkembang menjadi sebuah kota mandiri dengan populasi mencapai 90.000...
Ist

Program Kedai Kreatif Dorong Kebangkitan UMKM di Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 11:15 WIB
Melalui program ini, FFI memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam membangun bisnis di bidang makanan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya