Kamis 21 Oktober 2021, 13:51 WIB

Presiden Apresiasi TEI yang Juga Hadirkan Produk Halal

Dhika Kusuma Winata | Ekonomi
Presiden Apresiasi TEI yang Juga Hadirkan Produk Halal

Antara
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta agar berbagai kerja sama serta perdagangan global segera diaktifkan mengingat kondisi pandemi di Tanah Air yang bisa dikendalikan dengan baik. Hal itu demi meningkatkan pertumbuhan dan mendorong percepatan pemulihan ekonomi.

"Kondisi pandemi covid-19 bisa kita kendalikan dengan baik. Oleh sebab itu kerja sama dan perdagangan global harus segera kita aktifkan," ucap Presiden dalam sambutannya secara virtual pada pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) Digital Edition 2021, Kamis (21/10).

Presiden menyampaikan Indonesia membuka seluas-luasnya kerja sama internasional, kerja sama perdagangan yang berimbang dan saling menguntungkan. Pemerintah juga membuka investasi berkualitas yang membuka banyak kesempatan kerja serta transfer teknologi dan peningkatan SDM secara berkelanjutan.

Jokowi memaparkan nilai ekspor Indonesia tahun ini mencapai puncaknya yaitu US$142,01 miliar dan tumbuh 37,77% year on year (yoy). Presiden mengingatkan agar daya saing terus ditingkatkan karena ada potensi untuk bisa tumbuh lebih tinggi. Peluang tersebut harus dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan ekspor sebanyak-banyaknya.

Baca juga: Pandemi Terkendali, Indonesia Siap Hidupkan Lagi Perdagangan Global

"Daya saing harus terus ditingkatkan. Kita tetap punya peluang tumbuh lebih tinggi karena potensi pasar ekspor masih terbuka lebar. Mitra dagang kita juga mulai pulih dan kuartal kedua 2021 Tiongkok tumbuh 7,9% yoy, AS tumbuh 12,2%, Jepang tumbuh 7,6%, dan India bahkan tumbuh 20,1%," ungkapnya.

Presiden mendorong agar ajang TEI Digital Edition 2021 juga bisa beradaptasi dan berinovasi terhadap kondisi terkini. Ekspo tersebut diharapkan menjadi penghubung pelaku usaha khususnya para eksportir dan buyers untuk menjalin kerja sama bisnis.

Presiden juga mengapresiasi TEI kali ini menghadirkan forum halal dan festival fesyen muslim. Indonesia berpotensi menjadi pusat industri halal dunia sekaligus kiblat industri fashion dunia. Apalagi, pasar produk halal dunia sangat besar.

"Berdasarkan laporan State of Global Islamic Economy Report 2020-2021, warga muslim dunia diperkirakan membelanjakan lebih dari US$2 triliun di sektor makanan, produk farmasi, kosmetik, fesyen, serta rekreasi. Tentunya ini merupakan peluang yang harus kita manfaatkan," ucap Jokowi.(OL-4)

Baca Juga

MI/Usman Iskandar

Investasi Minerba Moncer, ESDM Targetkan Tembus US$5 Miliar di 2022 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 20 Januari 2022, 19:59 WIB
Di 2021, realisasi investasi minerba mencapai US$4,52...
Antara/Siggid Kurniawan

Presidensi G20 Bikin Indonesia Punya Peluang Pimpin Langkah-Langkah Pemulihan Global 

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 20 Januari 2022, 19:27 WIB
"Indonesia menurut saya bisa masuk ke sana. Jadi karena pandemi ini semua itu diulang semua, dan sangat kebetulan Presidensi G20 saat...
Antara/M. Ibnu Chazar

Terus Dorong Ketahanan Pangan, Mentan Pastikan Stok Beras Aman 

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 20 Januari 2022, 19:19 WIB
Syahrul menyebutkan, produktivitas padi di Karawang selama ini telah berkontribusi maksimal memperkuat stok beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya