Rabu 20 Oktober 2021, 14:56 WIB

Presiden: Pemerintah Daerah Jangan Hambat Ekspor

Andhika prasetyo | Ekonomi
Presiden: Pemerintah Daerah Jangan Hambat Ekspor

Antara/Aswaddy Hamid.
Pekerja memilah sayur baby kailan (Brassica oleracea) ke dalam kotak untuk diekspor ke Malaysia dari Pelabuhan Rakyat Sungai Dumai, Riau.

 

PRESIDEN Joko Widodo menekankan kepada seluruh kepala daerah di Tanah Air untuk mempermudah perizinan dan memangkas aturan-aturan yang semrawut demi mempercepat kegiatan ekspor. Sebagaimana diketahui, pasar dunia kini sudah menunjukkan tren perbaikan. 

Itu ditandai dengan perekonomian yang tumbuh positif di negara-negara mitra utama, seperti Jepang yang melompat 7,6%, Tiongkok yang naik 7,9%, Amerika Serikat yang melonjak 12,2%, dan India yang tumbuh hingga 20,1%. Menurut kepala negara, hal tersebut tentu peluang besar yang harus dimanfaatkan. 

Pemerintah daerah harus bisa membantu memfasilitasi para pelaku usaha dan mendorong produk-produk unggulan mereka masuk ke pasar internasional. "Hampir semua negara membutuhkan komoditas-komoditas kita. Jadi jangan sampai daerah menghambat, membuat ruwet perizinan, dan tidak mendorong ekspor kita," tegas Jokowi saat membuka Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10).

Ia berharap dalam ajang pameran itu, pemerintah daerah tidak hanya mengekspose produk-produk dan objek-objek wisata, tetapi juga menunjukkan bahwa iklim investasi di wilayah mereka juga semakin baik, kepastian hukum semakin baik, kemudahan perizinan semakin baik. Dengan cara tersebut, Jokowi optimistis jumlah penanaman modal di daerah akan terus meningkat hingga akhirnya mempercepat terbukanya lapangan-lapangan kerja baru.

Baca juga: Presiden: Aktivitas Ekonomi Harus Berjalan 

"Kepastian-kepastian seperti ini yang sebenarnya diperlukan oleh dunia usaha. Ini juga akan membantu mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Minyak Naik Imbas Ketakutan Omicron Menurun

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 09 Desember 2021, 07:10 WIB
HARGA minyak sedikit lebih tinggi pada akhir perdagangan Rabu atau Kamis pagi WIB (9/12), karena ketakutan atas varian covid-19 Omicron...
Dok.AAJI

Kesadaran Perlindungan Asuransi Jiwa Kuat, Pendapatan Kuartal III Tumbuh 38,7%

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 07:05 WIB
Kinerja pendapatan kuartalan yang dirilis AAJI Rabu (8/12/) tersebut, sudah melampaui kinerja pada 2019 saat pandemi belum...
DOK BANK BRI

Kucurkan Modal hingga Berikan Pendampingan Usaha, BRI Dorong Petani Jeruk Naik Kelas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 07:05 WIB
Sunarso mengatakan, perseroan terus melihat potensi UMKM agar kualitas produk senantiasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya