Senin 06 September 2021, 10:44 WIB

Perkuat Bisnis Global, Kapal Milik Pertamina Digandeng Perusahaan Swiss

 Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Perkuat Bisnis Global, Kapal Milik Pertamina Digandeng Perusahaan Swiss

Dok/shipspotting.com
MT Gamsunoro, kapal berjenis Dirty Petroleum Product (DPP) Aframax Tanker, milik PT Pertamina International Shipping (PSI).

 

DALAM memperkuat eksistensi perusahaan untuk go global, PT Pertamina International Shipping (PSI) mengembangkan bisnisnya di regional Asia dengan berkolaborasi dengan Trafigura Group Pte Ltd, perusahaan multinational commodity trading yang berpusat di Geneva, Swiss.

Direktur Utama PIS Erry Widiastono menyampaikan, kerja sama itu diwujudkan melalui penyewaan armada milik PIS, yakni MT Gamsunoro, secara time charter. MT Gamsunoro sendiri merupakan kapal berjenis Dirty Petroleum Product (DPP) Aframax Tanker dengan bobot mati 105,638 MT yang dibangun pada 2014.

"PIS saat ini terus mendorong terjadinya kerja sama dengan perusahaan multinasional khususnya di regional Asia dalam rangka memperkuat bisnis (global)," ungkapnya dalam keterangan resmi, Senin (6/9).

Delivery kapal MT Gamsunoro kepada Trafigura dilakukan pada 15 Agustus 2021 di Singapura dengan rencana trading area Arabian Gulf hingga East Asia.

Sebagai salah satu perusahaan comodity trading besar di dunia, Trafigura dikatakan menerapkan standar keselamatan yang ketat seperti kewajiban kapal untuk dapat memenuhi standar ShipInspection Report Programme (SIRE).

"MT Gamsunoro dapat memenuhi persyaratan tersebut melalui inspeksi yang dilakukan pada 14 Juli 2021” ucap Arief Kurnia Risdianto selaku Direktur Operasi PT Pertamina International Shipping.

Inspeksi SIRE ini, lanjutnya, dilakukan untuk meninjau sistem kargo kapal, ruang mesin, peralatan navigasi, sistem pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan yang dilakukan oleh tenaga ahli bersertifikat khusus.

Terbitnya SIRE approval dinilai sebagai bentuk kualitas kapal MT Gamsunoro terhadap standar dan requirement  yang berlaku di industri shipping internasional.

PIS menjelaskan, MT Gamsunoro sendiri merupakan salah satu kapal yang dikomersialisasikan untuk melakukan penetrasi ke pasar-pasar internasional.

Sebelum menjalani bisnis dengan Trafigura, MT Gamsunoro disebut telah menjalin bisnis dengan charter internasional lainnya dalam bentuk sewa kapal secara time charter selama empat bulan dengan trading area Arabian Gulf hingga Jepang.(Ins/OL-09)

Baca Juga

Antara/Syifa Yulinnas

Keran Ekspor CPO Dibuka, Petani Harapkan Harga BTS yang Pantas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:45 WIB
Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung mengharapkan minggu depan ada kenaikan angka BTS di atas Rp1.000...
Ist

Asya Hadirkan Hunian Mewah Bertema Post-Pandemic

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 18:27 WIB
Rumah mengangkat konsep Tropical Modern ramah lingkungan dan didesain untuk menjawab kebutuhan hunian di era new...
DOK Sinar Mas Land.

Southgate Residence Beri Keringanan Pembelian Apartemen Bersama Jendela360

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:11 WIB
Kerja sama itu diluncurkan pada Southgate Expo pada 21-29 Mei 2022 di Main Atrium AEON Mall...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya