Jumat 30 Juli 2021, 12:21 WIB

Presiden Gulirkan Bantuan Produktif Usaha Mikro Rp15,3 Triliun

Dhika Kusuma Winata | Ekonomi
Presiden Gulirkan Bantuan Produktif Usaha Mikro Rp15,3 Triliun

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra
Pelaku usaha mikro

 

PEMERINTAH kembali menggulirkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM). Tahun ini, dana yang dikucurkan untuk BPUM senilai Rp15,3 triliun yang dibagikan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil di seluruh wilayah.

"Ada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil yang ada di seluruh Tanah Air dan mulai dibagikan pada hari ini. Kita berharap ini bisa membantu mendorong ekonomi kita semuanya," kata Presiden Joko Widodo menyerahkan BPUM 2021 secara simbolis kepada 20 penerima bantuan, di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/7).

Jumlah bantuan yang diterima masing-masing pelaku usaha sebesar Rp1,2 juta. Presiden amat berharap bantuan itu bisa mendorong ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi.

Baca juga:  BI Angkat Bicara Soal Transfer Bantuan Covid-19 Rp2 Triliun

Presiden menyampaikan kondisi sulit akibat pandemi saat ini dirasakan oleh semua. Dampak pandemi tidak hanya dirasakan pelaku usaha mikro dan kecil, tetapi juga pelaku usaha menengah hingga besar.

"Semuanya pada kondisi yang sangat-sangat tidak mudah, sangat sulit dan itu juga tidak hanya dirasakan oleh pengusaha-pengusaha di Indonesia saja tetapi di seluruh dunia semuanya kondisinya sama," ucapnya.

 

"Bapak-Ibu semuanya harus bekerja lebih keras lagi dalam situasi seperti ini, bertahan dengan sekuat tenaga. Meskipun mungkin omzetnya turun sampai 75%, turun sampai separuh, ya tetap harus kita jalani," ucap Jokowi.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Mendag Mau Uji Coba Aplikasi PeduliLindungi di Pasar

👤Fetry Wuryasti 🕔Minggu 26 September 2021, 13:20 WIB
Implementasi aplikasi PeduliLindungi akan diuji coba di enam pasar. Seperti, Pasar Mayestik, Pasar Baltos, Pasar Modern BSD, Pasar Blok M,...
MI/LILIK DARMAWAN

1.000 Penyadap Nira Banyumas Berkoperasi Pasarkan Gula Semut

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 26 September 2021, 13:01 WIB
Menkop-UKM Teten Masduki meresmikan Koperasi Semedo Manise Sejahtera yang beranggotakan sekitar 1.000 penyadap nira dan memproduksi...
Antara/Wahdi Septiawan.

Indonesia Ekspor Pinang Perdana ke Arab Saudi

👤Fetry Wuryasti 🕔Minggu 26 September 2021, 12:58 WIB
Pinang yang diimpor dari Indonesia umumnya dipakai ekspatriat Asia Selatan yang tinggal di Arab Saudi untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya