Rabu 09 Juni 2021, 19:58 WIB

Komisi IV Dukung Pengembangan Teknologi dan Mekanisasi Pertanian

mediaindonesia.com | Ekonomi
Komisi IV Dukung Pengembangan Teknologi dan Mekanisasi Pertanian

MI/PALCE AMALO
ANGGOTA Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno

 

ANGGOTA Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menguatkan sistem teknologi dan mekanisasi pertanian. Menurutnya, modernisasi adalah jawaban, sekaligus pilihan yang tepat untuk meningkatkan produksi dan sistem ketahanan pangan nasional.

"Kami mendorong penguatan modernisasi produksi dari hulu ke hilir. pemanfaatan teknologi harus terus dimaksimalkan agar pertanian kita semakin maju," kata Julie dalam rapat kerja Komisi IV DPR RI bersama Kenterian Pertanian di Senayan, Rabu, 9 Juni 2021.

Selain itu, Julie mengapresiasi meningkatnya nilai tukar petani (NTP) dan nilai tukar usaha petani (NTUP) pada periode Mei 2021. Meski demikian, ia berharap, kenaikan NTP terjadi untuk semua subsektor, termasuk peternakan dan hortikukultura.

Baca Juga: Raker Komisi IV DPR, Mentan: Realisasi Produksi Pangan Meningkat

"Saya mengapresiasi kinerja ekspor Kementan yang mengalami peningkatan, terlebih naiknya NTP dan NTUP. Karena itu, kami mendorong agar nilai ekspor pada komoditas tanaman pangan, khususnya hortikultura dan peternakan terus didorong," katanya.

Di tempat yang sama, Anggota Komisi IV lainnya dari Fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah meminta Kementan agar menjalankan program kartu tani secara merata di semua daerah di Indonesia. "Soal kartu tani, menurut saya ini program yang sangat bagus. Hanya saja banyak petani yang tidak tahu. Jadi ke depan saya berharap kartu tani semakin disosialisasikan," katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV lainnya, Hanan Rozak berharap ke depan Kementerian Pertanian mampu memenuhi kebutuhan irigasi tersier serta memenuhi kebutuhan benih unggul yang bisa berproduksi di atas 6 ton. "Yang pasti Kementan harus memberi perhatian terhadap hal-hal yang tidak mampu dilakukan petani. Misalanya irigasi dan penyediaan benih unggul," tutupnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

Ilustrasi

Menkeu: DAU, DBH dan Dana Desa Boleh Dipakai untuk Covid-19

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 21 Juni 2021, 14:36 WIB
Selain itu, Sri Mulyani menambahkan bahwa pihaknya juga telah memperbolehkan penggunaan dana insentif daerah (DID) untuk mendukung bidang...
DOK KEMENTAN

Komisi IV Apresiasi Capaian Program Kementan Tahun 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 14:31 WIB
Menurut Tuasikal, program di Kementan selama ini sudah berjalan dengn baik, terutama yang berkaitan dengan alat mesin pertanian dan bantuan...
Antara

Industri Pengolahan Dominasi Kinerja Ekspor Nasional

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 21 Juni 2021, 14:06 WIB
Berdasarkan data BPS pada Januari-Mei 2021, nilai ekspor industri pengolahan mencapai US$66,70 miliar. Capaian itu naik 30,53%...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya