Rabu 12 Mei 2021, 11:30 WIB

Jubir Luhut Respon Tudingan Masuknya TKA Tiongkok Jadi Intelijen

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Jubir Luhut Respon Tudingan Masuknya TKA Tiongkok Jadi Intelijen

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
TKA Tiongkok

 

JURU Bicara (jubir) Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan Jodi Mahardi angkat bicara soal tudingan yang dilontarkan pengamat politik Rocky Gerung soal kedatangan puluhan Tenaga Kerja Asing (TKA) Tiongkok ke Indonesia pada Selasa (4/5) lalu.

Rocky menyebut kedatangan TKA Tiongkok itu merangkap intelijen yang mengawasi proyek-proyek atau lainnya di Tanah Air. Jodi pun mengatakan pemerintah bisa mengantisipasi jika memang ada penyusup masuk yang mematai-matai RI.

"Kami percaya intelijen negara kita tangguh dan profesional untuk bisa mendeteksi dini dan memberi peringatan dini guna mencegah terjadinya ancaman dimaksud apabila ada," ungkap Jodi kepada Media Indonesia, Rabu (12/5).

Baca juga: Luhut Dorong KPK Perkuat Pengawasan Megaproyek Nasional

Jodi menambahkan, yang harus diwaspadai ialah konflik tersembunyi, ketidaksukaan suatu individu dengan individu atau dengan kelompok lainnya yang tersembunyi di kalangan masyarakat Indonesia sendiri.

"Semangat persatuan saat ini sangat penting untuk kita tidak mudah terprovokasi," tegasnya.

Perihal maksud dan tujuan kedatangan puluhan TKA Tiongkok ke Tanah Air melalui pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Bandara Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jodi enggan berkomentar. Menurutnya, hal itu bukan menjadi kewenangan pihaknya.

"Imigrasi yang punya data lengkapnya," tukas Jodi.

Baca juga: Menhub Tegaskan Tangguhkan Penerbangan Sewa Angkut TKA Tiongkok

Diketahui, dalam video yang diunggah di akun Youtube Rocky Gerung Official pada (9/5) lalu, mantan dosen ilmu filsafat di Universitas Indonesia itu mengatakan kedatangan para TKA Tiongkok di masa pra pelarangan mudik lebaran bukan tanpa alasan.

Menurutnya, para TKA atau pengusaha Tiongkok sejak dulu ditanamkan berperan sebagai intelijen negara dalam mengawasi proyek atau sesuatu hal.

"TKA Tiongkok itu intelijen negara, itu sudah menjadi tradisi yang ditanamkan sejak lama. Bank Tiongkok itu kan mensponsori habis-habisan pembangunan di negara-negara Arab, Afrika. Indonesia harus tahu, investasi Tiongkok itu selalu kerangka geopolitik," ucap Rocky. (Ins)

Baca Juga

Antara

Menperin Imbau Pabrik dan Perkantoran Perkuat Prokes

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 21 Juni 2021, 23:55 WIB
“Keseimbangan antara ketaatan dan protokol kesehatan dan berlanjutnya aktivitas ekonomi diperlukan untuk melindungi kepentingan...
Dok. Kementerian ATR/BPN

Kementerian ATR/BPN Sosialisasi NSPK untuk Urai Masalah Pertanahan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 21 Juni 2021, 23:52 WIB
Hingga kini banyak ditemukan persoalan seputar tata ruang dan pertanahan di Indonesia. Sehingga, diperlukan inovasi dalam pelaksanaan...
Dok. Rodaliink Indonesia

Perluas Dukungan Gaya Hidup Sehat, Rodalink Buka Outlet di Tambun

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 21 Juni 2021, 23:48 WIB
Outlet Tambun berada di Jalan Sultan Hasanudin No 33, Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Outlet ini menjadi titik ke-3 Rodalink di area Bekasi,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya