Senin 10 Mei 2021, 19:50 WIB

Menhub Tegaskan Tangguhkan Penerbangan Sewa Angkut TKA Tiongkok

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Menhub Tegaskan Tangguhkan Penerbangan Sewa Angkut TKA Tiongkok

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Ilustrasi

 

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) disepakati tidak ada lagi penerbangan charter dari luar negeri yang beroperasi melayani tenaga kerja asing (TKA).

Ketentuan ini berlaku selama masa peniadaan mudik 2021 atau hingga 17 Mei mendatang. Para TKA pun diminta untuk menunda kepulangan mereka ke Tanah Air dalam beberapa waktu kedepan guna menekan penularan covid-19.

"Tadi sudah disetujui tidak ada lagi penerbangan charter selama masa larangan mudik ini. Sehingga kalau ada TKA disarankan untuk menunda perjalanan," ucap Menhub dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden, Senin (10/5).

Diketahui, berdasarkan keterangan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia membenarkan kedatangan 85 WNA (warga negara asing) Tiongkok di Bandara Soekarno Hatta atau Soetta, Tangerang, pada Selasa (4/5).

Baca juga: Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Kedatangan puluhan WNA itu diketahui melalui pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Bandara Soetta.

Selain itu, Menhub juga menyatakan menyiagakan kepulangan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari dari Malaysia yang pulang dari wilayah Kepulauan Riau (Kepri) Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kalimantan Utara.

Kemenhub telah berkoordinasi dengan operator transportasi untuk menyiapkan kapal-kapal dan juga bus untuk mengangkut mereka sampai ke tempat tujuan akhir.

"Tadi sudah disepakati TNI dan Pangdam yang mengelola kepulangan di Kepri dan Kalbar," tandasnya. (OL-4)

Baca Juga

DOK YAICI.

Storytelling Cara Edukasi Efektif Jangkau Generasi Muda

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 15:42 WIB
Metode storytelling merupakan salah satu bentuk penyampaian pesan-pesan yang secara tidak langsung dekat dengan keseharian...
Ilustrasi

Epidemiolog: Tidak Ada Hubungan Hepatitis Akut dengan Vaksin Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Senin 16 Mei 2022, 14:11 WIB
“Perlu kita pahami dan juga kita sebarkan kepada masyarakat bahwa hepatitis yang masih tidak diketahui penyebabnya ini bisa dikatakan...
Ist/Sematic-scholar

Virus Hendra Bisa Mengancam Kuda dan Manusia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 16 Mei 2022, 14:02 WIB
Virus Hendra (HeV) merupakan berasal dari kelelawar dan sudah terjadi pada 1994 dan 2016 yang menularkan ke kuda dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya