Senin 05 April 2021, 20:45 WIB

Pertamina Bilang Petir Jadi Penyebab Kebakaran, DPR : Ini Konyol

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pertamina Bilang Petir Jadi Penyebab Kebakaran, DPR : Ini Konyol

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kiri) berbincang dengan Wakil Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto (kanan)

 

WAKIL Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menyinggung pernyataan pihak PT Pertamina (Persero) soal penyebab kebakaran di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, karena petir adalah hal yang konyol.

Dia menilai, seharusnya perwakilan pejabat dari perusahaan pelat merah itu tidak pantas memberikan statement yang belum terbukti kebenarannya.

Komentar pertama pertamina ketika ini terjadi adalah kejadian akibat tersambar petir, menurut kami ini konyol. Ini sama dengan (pernyataan) PLN soal mendadak ada kenaikan tagihan pelanggan karena (bilang) masyarakat sedang di rumah nonton drakor, ini konyol," kata Eddy dalal rapat kerja Komisi VII dengan Pertamina, Senin (5/4).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menuding statement yang disampaikan Corporate Secretary Subholding Refining and Petrochemical Pertamina Ifky Sukarya soal dugaan petir jadi penyebab kebakaran, dianggap tidak merepresentasikan Pertamina sebagai perusahaan kelas dunia.

Baca juga: Pertamina Libatkan Asing Usut Penyebab Kebakaran Balongan

"Menurut saya masyarakat perlu sebuah berita yang menenangkan, (misalnya) bahwa kebakaran ini tidak akan menyebar. Ini justru tidak merefleksikan pertamina jadi world class company," pungkas Eddy.

Sementara itu Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran Kilang Balongan terjadi pada tangki, Senin (29/3) dini hari. Pihaknya melibatkan tim internal dan eksternal untuk mengungkap insiden tersebut.

Nicke juga mengungkapkan, kejadian kebakaran tersebut mengakibatkan 35 orang terluka. 25 orang di antaranya mengalami luka ringan dan dinyatakan sudah kembali ke rumah masing-masing.

Sementara 10 orang lainnya masih dirawat, 6 orang di antaranya dirawat di Rumah Sakit Pertamina guna mendapatkan penanganan medis dan 4 orang lainnya di rawat di RS Pertamina Balongan.

"Kami ingin mengucapkan permohonan maaf dulu karena terjadinya insiden kebakaran tangki di area kilang Balongan, tentu ini bukan hal yang kita inginkan. Penanganan dampak kami akan lakukan, baik yang short term maupun long term," pungkas Nicke. (OL-4)

Baca Juga

Dok kemenhub

Menhub Pastikan Pembangunan Bandara Siboru Terus Berjalan

👤RO/Micom 🕔Jumat 24 September 2021, 18:47 WIB
Presiden perintahkan agar pembangunan bandara di Papua dan Papua Barat...
thespruceeats.com

Aceh Selatan Kembangkan Sentra Industri Pala

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 September 2021, 18:47 WIB
Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan mengembangkan sentra industri pala yang akan meningkatkan pendapatan petani di kabupaten penghasil pala...
Ilustrasi

Ciptakan Peluang Bisnis dan Penghasilan saat Pandemi dengan Modal Kecil

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 September 2021, 18:37 WIB
Siapa saja bisa memulai bisnis daring dengan modal kecil atau bahkan tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Caranya dengan menjadi reseller...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya