Kamis 01 April 2021, 16:58 WIB

Airlangga: Kesehatan dan Ekonomi di Indonesia Terus Pulih

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Airlangga: Kesehatan dan Ekonomi di Indonesia Terus Pulih

Youtube Media Indonesia.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutan di Indonesia Bicara, Kamis (1/4).

 

PERKEMBANGAN kondisi kesehatan dan ekonomi di Indonesia akibat pandemi covid-19 terus membaik. Ini tercermin dari tingkat kesembuhan dan tingkat kasus aktif yang lebih baik dibandingkan angka-angka global serta angka PMI manufaktur.

Itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam webinar Indonesia Bicara: Membangkitkan Potensi UMKM yang diadakan Media Indonesia, Rabu (1/4). Menurutnya, terjadi tren penurunan persentase kasus aktif di tingkat kematian dan tren kasus kesembuhan pascakebijakan dan program vaksinasi juga terjadi.

Di sektor ekonomi, tanda-tanda pemulihan juga terlihat dari angka PMI manufaktur yang berada di level ekspansi 50,9. Realisasi investasi data penyaluran KUR 2020 juga lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pemerintah optimistis bahwa perekonomian Indonesia dapat tumbuh dan penyebaran covid-19 dapat ditekan. Program pemulihan ekonomi nasional terus didorong untuk memperkuat sisi daya beli dan produksi," ujar Airlangga.

Optimisme pemulihan ekonomi tersebut tercermin dari proyeksi pertumbuhan Indonesia oleh lembaga internasional antara lain Bank Dunia dan IMF yang memperkirakan perekonomian kita berada dalam range 4,4% sampai 4,9% di 2021 dan 4,8% sampai 6% di 2022. Proyeksi ini sejalan dengan perkiraan perekonomian Indonesia yang berkisar antara 4,5% sampai 5,3% di tahun 2021.

Hal itu terutama didukung oleh percepatan program vaksinasi massal dilanjutkan program pemulihan ekonomi. Selain itu, terdapat implementasi Undang-Undang Cipta Kerja serta pemberlakuan PPKM di level mikro yang saat ini sudah dilaksanakan di 15 provinsi. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Kementan Peduli Serap Telur Peternak Rakyat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 14:12 WIB
Para pegawai di lingkup Ditjen PKH Kementan khususnya dan lingkup Kementan umumnya, diimbau agar sering membeli telur dari peternak...
Dok.Generali

ROBOARMS, Penyelamat Kinerja Unit Link dari Generali

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 13:21 WIB
Hingga 30 September 2021, 97% kinerja porsi investasi nasabah dengan ROBOARMS bisa di atas IHSG bahkan diantaranya bisa mencapai 44% di...
MI/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi tidak Mau BUMN Sakit Terus-Menerus Disuntik Modal

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 11:20 WIB
Presiden menginginkan transformasi pengelolaan BUMN agar pengelolaannnya secara profesional dan mampu bersaing...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya