Sabtu 06 Maret 2021, 03:05 WIB

Holding Ultra Mikro Bakal Rampung Kuartal III 2021

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Holding Ultra Mikro Bakal Rampung Kuartal III 2021

DOK KOI
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan pembentukan holding ultra mikro yang menggabungkan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Permodalan Nasional Madani (PNM), dan PT Pegadaian, bakal rampung tahun ini.

"Insha Allah kuartal III tahun ini tuntas sinergi BRI, PNM, dan juga Pegadaian agar bisa memastikan dengan data yang konkret dan riil, pengusaha bisa naik kelas," ungkap Erick dalam Rapat Kerja Nasional HIPMI secara virtual, Jakarta, Jumat (5/3).

Dia mengatakan, selama ini sistem perbankan di Indonesia dinilai tidak bersahabat dengan pelaku usaha kecil. Dengan adanya holding ultra mikro tersebut, jelas Erick, diharapkan pengusaha bisa meningkatkan usahanya.

"Misalnya, nasabah PNM (pinjaman) Rp1 juta sampai Rp3 juta tanpa agunan, dengan kita sinergi ini dia bisa naik kelas, naik hingga Rp25 juta pinjamannya," jelas Erick.

Lalu, tambah Erick, data pinjaman itu akan terlihat seperti apa, kesulitam yang dirasakan pelaku usaha seperti apa lewat penggabungan perusahaan BUMN tersebut. "Bahkan saya minta PNM kerja sama dengan pemerintah daerah. Sudah mulai dijalankan. Lalu naik kelas di Pegadaian. Kita harapkan naik kelas ke bankable," terang Erick.

Erick juga menargetkan holding ultra mikro dapat menurunkan cost of funds atau bunga. Menurut Erick, Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) sudah menurunkan suku bunganya. Seperti misalnya, Bank Mandiri yang menurunkan suku bunga dasar kredit (SBDK) untuk seluruh segmen dengan kisaran 25-250 bps pada Kamis (4/3). (OL-15)

Baca Juga

MI/Susanto

4 Korban Luka Berat Kebakaran Balongan Telah Pulang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 12:35 WIB
Hendri memastikan korban luka berat atas kejadian kebakaran Kilang Balongan pada Senin (29/3) lalu juga akan mendapat bantuan berupa...
Antara

PGN Dorong Ekspansi dan Efisiensi Layanan Gas Bumi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 11:45 WIB
Pipa minyak rokan merupakan salah satu proyek energi terbesar yang mencetak efisiensi anggaran sebesar Rp2,1...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Terbitkan SE THR Kemnaker: THR Wajib Dibayar Penuh

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 12 April 2021, 11:24 WIB
"Saya tekankan bahwa THR Keagamaan wajib dibayarkan paling lama 7 hari sebelum hari raya keagamaan pekerja/buruh yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya