Minggu 28 Februari 2021, 08:35 WIB

Wapres Minta NU Miliki Strategi Hasilkan Pengusaha Kecil Baru

Emir Chairullah | Ekonomi
Wapres Minta NU Miliki Strategi Hasilkan Pengusaha Kecil Baru

Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman
Wapres Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin meminta Nahdlatul Ulama (NU) memiliki strategi untuk memberdayakan dan menumbuhkan pengusaha kecil di masyarakat. NU juga diminta untuk meningkatkan pengetahuan pada bidang teknologi dan informasi.

“Langkah yang perlu dilakukan juga adalah menumbuhkan para pengusaha baru melalui inkubasi dari kalangan nahdliyin, sesuai dengan semangat nahdlatu al tujjar (kebangkitan para pengusaha) yang telah digaungkan oleh para ulama pada tahun 1918. NU perlu melakukan upaya-upaya yang lebih maksimal agar tidak tertinggal, terutama dalam bidang ekonomi dan teknologi informasi untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat,” kata Ma’ruf saat menghadiri Peringatan Hari Lahir NU ke-98 melalui konferensi video, Sabtu (27/2) malam.

Menurut Ma’ruf, pemerintah saat ini terus berupaya mewujudkan Indonesia agar dapat menjadi produsen produk halal dan pusat kegiatan ekonomi serta keuangan syariah. Berbagai langkah diperlukan dalam rangka mengembangkan industri halal dan dana sosial yang menjadi perhatian pemerintah.

Untuk itu, diperlukan peran organisasi masyarakat di dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah secara aktif.

“Harus mengambil peran aktif dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, yang mencakup pengembangan industri halal, bisnis syariah, keuangan syariah, penguatan tata kelola dana sosial yang Islami, baik zakat, infak, sedekah, maupun wakaf,” paparnya.

Baca juga:  Wapres: Ekslusivitas Berlebihan Bisa Ganggu Persatuan

Ma’ruf menjelaskan, NU mempunyai peluang untuk membantu memulihkan kondisi perekonomian Indonesia. Dengan jumlah massa yang mencapai 49,5% atau sekitar 108 juta orang dari jumlah penduduk muslim Indonesia yang berjumlah sekitar 229 juta orang, berpotensi menjadi kekuatan ekonomi masyaralat dan negara.

“NU tidak sekadar memainkan peran penting dalam memulihkan dan membangun kembali perekonomian masyarakat, tetapi juga terus berperan penting dan dapat menjadi role model Gerakan Islam dalam skala global,” ungkap Wapres.

Wapres berharap Nahdlatul Ulama dapat menjadi organisasi yang semakin kuat dan matang, serta dapat berkontribusi membangun negeri dengan terus bekerja sama dengan pemerintah.

“Semoga Nahdlatul Ulama semakin kokoh dan matang untuk meneguhkan komitmen kebangsaan melalui penyebaran ajaran ahlussunnah wal jamaah dan menjadi mitra pemerintah dalam menjaga persatuan serta membangun negeri,” harap Wapres.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan harapan agar Nahdlatul Ulama dapat menjaga peran dalam mempersatukan masyarakat melalui gerakan zakat untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia.

“Persatuan membutuhkan perasaan keadilan. Karena itu dorongan gerakan zakat insya Allah NU menjadi penggerak yang sangat efektif untuk ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj meluncurkan aplikasi layanan keagamaan NU Online Super App yang diharapkan dapat bermanfaat bagi umat Islam.

“Aplikasi ini merupakan servis terbesar dan pelayanan terbesar untuk warga NU agar semuanya dapat mengakses dengan mudah berbagai amalan ibadah sehari-hari,” ungkap Said Aqil.(OL-5)

Baca Juga

Dok. TikTok

Kolaborasi dengan Smesco, TikTok Ajak Bangga Gunakan Produk UKM

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:30 WIB
Gernas BBI diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB Negara yaitu sekitar 65% di tahun...
Dok. Pribadi

Ini Usulan Persatuan Insiyur Indonesia soal Ibu Kota Baru

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:15 WIB
IKN yang diibaratkan, memulai dari kertas putih maka berkesempatan menjadikan IKN sebagai standar baru ibukota dunia yang menjadi acuan...
Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Pangansari Pasok Katering Premium untuk Proyek Wika di Luar Negeri

👤Micom 🕔Sabtu 17 April 2021, 21:57 WIB
PT Pangansari Utama Food and Resources menandatangi nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan konstruksi PT Wijaya Karya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya