Kamis 11 Februari 2021, 17:50 WIB

Menteri ATR/BPN: Jangan Kasih Sertifikat Tanah kepada Orang Lain

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Menteri ATR/BPN: Jangan Kasih Sertifikat Tanah kepada Orang Lain

Antara/Jojon.
Warga Kendari, Sulawei Tenggara, mencium sertifikat tanah miliknya, beberapa waktu lalu.

 

MENTERI Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil meminta kepada masyarakat untuk tidak sembarangan memberikan sertifikat tanah kepada orang lain. Hal ini berkaca dari kasus mafia sertifikat tanah yang merugikan ibu dari eks Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal.

"Pelajaran paling berharga yaitu jangan pernah kasih sertifikat ke orang deh. Kalau anda tidak yakin dengan siapa berhubungan (transaksi jual beli tanah), jangan pernah memberikan sertifikat," tegas Sofyan konferensi pers secara virtual, Kamis (11/2).

Dia menerangkan bahwa banyak kasus penipuan sertifikat tanah dilakukan oleh oknum yang memalsukan dokumen-dokumen penjualan tanah. "Kalau mengecek ke BPN sebaiknya ditemani, kalau anda tidak percaya dengan notaris. Itu banyak terjadi, sertifikat warga dilepas kemudian ada orang yang memalsukan macam-macam seolah-olah menjadi figur (pemilik asli) dengan ganti foto orang lain," paparnya.

Kasus penipuan tanah yang dialami oleh keluarga Dino Patti Djalal, dijelaskan Sofyan, menggunakan modus memalsukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) lama atau bukan elektronik. Menurutnya, pihak BPN tidak mengetahui identitas asli pemilik tanah tersebut.

"BPN tidak bisa tahu. Kalau nama saya mungkin wajah saya dikenal, tapi nama si A, lalu foto orang lain. BPN tidak bisa membuktikan itu si A atau bukan," urainya.

 

Oleh sebab itu atas kejadian penipuan tersebut, Menteri ATR/BPN mengatakan pihaknya segera memperbaiki sistem pendaftaran tanah ke depan dengan menerapkan sertifikat elektronik.

"Nanti semua data kita elektronik. Orang datang akan dicek langsung dengan sistem elektronik. Namun itu masih perlu uji coba," pungkas Sofyan. (OL-14)

Baca Juga

Dok.MI

Indef: Serapan Tenaga Kerja PKT PUPR Harus Lebih Maksimal

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 17 April 2021, 03:05 WIB
Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat bahwa angka yang dirumahkan, bukan angkatan kerja, pengurangan jam kerja, dan...
MI/Andri Widiyanto

Mendag Sebut Kinerja Ekspor Maret 2021 Tertinggi Sepanjang Sejarah

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 16 April 2021, 22:07 WIB
Pernyataannya itu menyusul laporan Badan Pusat Statistik (BPS), Kamis (15/4) yang menyatakan total nilai ekspor Indonesia pada Maret 2021...
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Pengamat: Prakerja Harus Lanjut, Jangan Dianggap BansosĀ 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 21:50 WIB
Program Kartu Prakerja bisa membantu pemerintah untuk memperbaiki keterampilan angkatan kerja dari sisi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya