Selasa 02 Februari 2021, 14:35 WIB

BRI Fokus Salurkan Kredit ke UMKM

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
BRI Fokus Salurkan Kredit ke UMKM

MI/M Irfan
Dirut BRI

 

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. fokus menyasar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai nasabah utamanya. Itu juga sejalan dengan segmentasi perseroan untuk menyentuh masyarakat Indonesia.

Merujuk data BRI, penyaluran kredit kepada UMKM terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Tercatat, pada 2018 porsi penyaluran kredit untuk UMKM sebesar 76,94% dari total penyaluran kredit. Angka itu naik di 2019 menjadi 79% dan naik menjadi 82,13% di 2020.

"Ini untuk pertama kalinya, sedangkan di corporate plan kami sebenarnya porsi UMKM 80% itu baru kami rencanakan di tahun 2022, maka ini lebih awal 2 tahun untuk mencapai porsi 80% tepatnya 82,13%," jelas Direktur Utama BRI Sunarso dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi XI, Selasa (2/2).

Baca Juga: Bangkitkan UMKM, BRI Akselerasi Penyaluran KUR Tahun 2021

Dari capaian yang melampaui ekspektasi itu, perseroan menargetkan porsi penyaluran kredit kepada UMKM akan mencapai 85% di 2024.

Guna mewujudkan target itu, imbuh Sunarso, BRI telah memiliki data berbasis riset yang menunjukkan usaha ultra mikro menjadi yang paling besar membutuhkan pembiayaan.

Dari 62 juta usaha mikro yang ada, hanya 57 juta yang mendapatkan dan membutuhkan akses pembiayaan. Dari total yang mendapatkan dan membutuhkan askes pembiayaan itu, hanya sekitar 15 juta yang dapat menempuh pembiayaan dari lembaga formal.

Sementara 30 juta pelaku usaha hanya bisa menempuh pembiayaan dari lembaga non formal. 5 juta di antaranya mendapatkan pinjaman melalui rentenir, 7 juta meminjam melalui kerabat dan 18 juta pelaku usaha tidak terlayani oleh lembaga pembiayaan formal dan non formal.

"Ini yang menjadi sasaran kita ke depan, ini adalah hasil riset kami supaya nanti kita jelas mau menyasar ke mana. Jadi sasaran kita adalah yang 18 juta tadi yang tidak terlayani dan nanti kalau memberikan dampak yang baik mungkin lebih murah," pungkas Sunarso. (Mir/OL-10)

Baca Juga

Dok. Kementerian ESDM

Kementerian ESDM Uji Coba Bensa, Bensin yang Mengandung Minyak Sawit 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:04 WIB
Bensa berkualitas tinggi ini akan menjadi parameter untuk penyusunan Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) untuk...
Dok. Yupi

Ada Hoaks Soal Produknya, Yupi Tegaskan Permen yang Diproduksinya Telah Kantongi Sertifikat Halal 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 22:58 WIB
Direktur Marketing & Sales Yupi Juliwati Husman menegaskan, pihaknya sudah mengantongi sertifikasi halal untuk seluruh proses produksi...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Lepas Ekspor Perdana Smelter Grade Alumina 

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 25 Januari 2022, 21:20 WIB
Presiden kembali menekankan pentingnya pembangunan industri hilir terutama di sektor mineral dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya