Senin 01 Februari 2021, 21:16 WIB

Tesla Batal Ke Indonesia Karena Alasan Larangan WNA Masuk RI

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Tesla Batal Ke Indonesia Karena Alasan Larangan WNA Masuk RI

AFP
Elon Musk

 

JURU bicara Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengungkapkan, tim dari perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, mengurungkan niatnya datang ke Tanah Air dalam waktu dekat.

Bukan tanpa alasan, pengunduran jadwal kedatangan pada Februari ini disebabkan adanya kebijakan dari pemerintah Indonesia yang melarang masuk warga negara asing (WNA) hingga 8 Februari, untuk mewaspadai penularan varian baru virus korona.

"Pihak Tesla masih menunggu restriksi pembatasan kunjungan orang asing dicabut," kata Jodi saat dikonfirmasi Media Indonesia, Senin (2/1).

Meski tidak bertemu secara lansung, Jodi mengatakan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan intens menghubungi pihak Elon Musk tersebut terkait investasi pengembangan industri kendaraan listrik (electric-vehicle/ EV).

"Iya tetap dilakukan komunikasi, kan lewat virtual juga bisa," ucapnya.

Kedua pihak, ungkap Jodi, masih tengah mempelajari prospek investasi, seperti pembahasan mining (pertambangan), lithium battery dan lainnya.

Terpisah, Ketua Tim Percepatan Proyek Baterai Kendaraan Listrik (Electric Vehicle/EV Battery) Agus Tjahajana mengatakan ada tujuh investor yang dipilih pemerintah Indonesia dalam pengembangan proyek tersebut, termasuk Tesla.

"Dari proses penjajakan calon mitra untuk gelombang satu terdapat tujuh grup perusahaan yang telah memenuhi kriteria, yaitu CATL, LG, Samsung, Tesla dan lainnya. BUMN memiliki ambisi besar untuk mengembangkan ekosistem baterai EV pada 2025," kata Agus dalam rapat kerja bersama Komisi VII DPR siang ini. (OL-4)

Baca Juga

Dok Kementerian Koperasi dan UKM.

Kolaborasi Kunci Keberhasilan Transformasi Digital UMKM

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 19:15 WIB
MENTERI Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan kolaborasi antarpemangku kepentingan menjadi kunci keberhasilan transformasi digital...
dok.KNPI

DPP KNPI: Kinerja Pembantu Jokowi Bidang Perekonomian Perlu Perbaikan

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:50 WIB
KINERJA pemerintahan bidang perekonomian mendapat sorotan publik karena kinerja yang buruk. Karena itu, Jokowi harus mengambil langkah...
DOK BNI46

Kuat Dalam GCG, BNI Kembali Menangi Penghargaan IICD

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:13 WIB
Raihan ini akan menjadi tolok ukur bagi perseroan untuk lebih gencar lagi dalam meningkatkan penerapan good corporate governance (GCG)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya