Minggu 31 Januari 2021, 15:30 WIB

Program Smart Water System Indra Karya Dapat Penghargaan BCOMSS

Raja Suhud | Ekonomi
Program Smart Water System Indra Karya Dapat Penghargaan BCOMSS

Dok. indra Karya
Menteri BUMN Erick Thohir dalam BCOMSS 2021

 

PT Indra Karya (Persero) meraih penghargaan di ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit 2021 (BCOMSS) pada kategori Sustainablity Community Development and Involvement dengan peringkat Bronze melalui Program Smart Water System

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir yang di terima langsung oleh Milfan Rantawi, Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) pada acara BCOMSS 20/21 yang dihelat di Auditorium Telkom Hub Lantai 6, Jakarta Selatan, Jumat (29/1). 

BCOMSS 20/21 ini merupakan ajang penganugerahan perdana yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN  dan bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan BUMN yang memiliki komitmen tinggi terhadap program komunikasi publik dan program sosial ekonomi yang selaras dengan program tujuan pembangunan berkelanjutan yang digagas oleh pemerintah.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan bahwa komunikasi dan program sustainablity merupakan dua kunci penting bagi sebuah perusahaan untuk berkiprah termasuk bagi seluruh perusahaan pelat merah alias BUMN. 

Dua kunci penting tersebut juga harus punya landasan kokoh yaitu sebuah kepercayaan, baik dari publik maupun pemerintah.

“Saya harus kembali menggarisbawahi kalau kita bicara communication dan sustainability tentu garis bawah yang terpenting adalah kepercayaan. Tidak mungkin kita bisa komunikasi dengan baik tapi kepercayaan rendah. Tidak mungkin juga kita lakukan sustainability yang baik tapi juga tidak dipercaya, sehingga pengelolaan ini perlu terprogram dan terencana dengan baik agar memiliki dampak langsung yang positif bagi  seluruh masyarakat dan perusahaan” ujar Erick.

Pada kesempatan yang sama, Milfan Rantawi Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) menyampaikan bahwa apresiasi dan penghargaan yang diterima ini merupakan hasil dari upaya inovasi Indra Karya dalam rangka mendukung Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ SDGs (Suistainable Development Goals) Nomor 6 yakni Akses Air Bersih dan Sanitasi. 

“Kami meluncurkan Smart Water System sebagai upaya untuk memperkuat komitmen kami pada program pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat secara berkelanjutan yang menjadi solusi bagi daerah yang mengalami kesulitan untuk mengakses air bersih” ujar Milfan.

Sebagai infromasi tambahan Program Smart Water System ini merupakan teknologi karya insan Indra Karya yang terintegrasi dengan Smart Card dan dapat diterapkan pada desa-desa yang memiliki kesulitan akses air bersih. Setiap warga di lokasi penerapan akan mendapatkan kartu semodel Smart Card yang digunakan sebagai Tap Card untuk mengucurkan air bersih sesuai kuota yang didapatkan secara adil dan merata melalui pembatasan kuota. Batas maksimal kuota harian untuk pengisian air bersih 100 L/hari bagi setiap Kepala Keluarga (KK), sedangkan teknologi mesin air disesuaikan dengan sumber air yang ada. 

Teknologi ini sudah mulai di implementasikan Desa Modung, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan. (RO/E-1)

Baca Juga

ANTARA

Tinggal Satu Titik Api Belum Padam di Kilang Cilacap

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 13 Juni 2021, 00:30 WIB
Operasional Kilang Cilacap dikatakan tidak terganggu saat kebakaran berlangsung alias masih berproduksi minyak secara...
Ist

BUMN Didorong Perbesar Atensi Bagi Pelajar dan Perempuan

👤Mediaindonesiacom 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 23:30 WIB
Dengan bertambahnya kualitas pengetahuan bagi pelajar dan pendapatan kaum perempuan, maka BUMN berperan besar dalam peningkatan kualitas...
MI/ Susanto

Misbakhun Tuding Sri Mulyani tak Rasional soal Pajak Sembako

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 23:10 WIB
Politikus Partai Golkar itu pun menyeret Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dianggap bertanggung jawab atas wacana...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perangkat Terenkripsi Jerat Penjahat di Seluruh Dunia

LEBIH dari 800 penjahat telah ditangkap di seluruh dunia seusai dijebak menggunakan aplikasi pesan terenkripsi yang dijalankan FBI.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya