Jumat 22 Januari 2021, 19:53 WIB

Tolak Aturan Royalti, Google Ancam Setop Layanan di Australia

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Tolak Aturan Royalti, Google Ancam Setop Layanan di Australia

AFP
Ilustrasi

 

PIHAK Google mengancam akan menutup mesin pencarian di Australia jika aturan soal rencana pembagian royalti dengan perusahaan media disahkan menjadi undang-undang.

Pada sidang Senat di Canberra pada Jumat (22/1), Managing Director Google (GOOGL) Australia Mel Silva mengatakan draf undang-undang tersebut dianggap tidak bisa dijalankan dan akan mematahkan jutaan pengguna mencari konten secara online.

"Jika aturan ini menjadi undang-undang, itu tidak akan memberi kami pilihan nyata selain berhenti menyediakan Google Penelusuran di Australia," kata Mei Silva seperti dilansir CNN, Jumat (22/1).

"Itu akan menjadi hasil yang buruk tidak hanya bagi kami, tetapi juga bagi masyarakat Australia, keragaman media, dan bisnis kecil yang menggunakan Google Penelusuran," tambahnya.

Baca Juga: Google Photos akan Berbayar Mulai Juni 2021

Perdana Menteri Australia Scott Morrison membalas ancaman Google tersebut. Pihaknya bersikukuh mensahkan aturan tersenut.

"Biar saya perjelas, Australia membuat aturan apa saja yang dapat Anda lakukan di negara ini. Itu dilakukan di parlemen kami. Kami tidak menanggapi ancaman itu," katanya kepada wartawan.

Dengan aturan yang dianggap kontroversial itu, Australia akan mengikat Google dan Facebook agar bernegosiasi dengan perusahaan media terkait nilai konten berita.

Kritik datang terhadap kedua perusahaan teknologi itu karena dinilai mendominasi bisnis periklanan online, hal itu membuat penerbit berita Australia terjepit. Pemerintah setempat menyebut, pendapatan media cetak di Australia dari iklan menurun 75% sejak 2005. (OL-13)

Baca Juga: Mobil Masuk Jurang di Lembang Gara-Gara Ikuti Google Maps

Baca Juga

Dok.Sucofindo

Industri Halal, IHLC Teken MoU dengan PT. Sucofindo

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:46 WIB
Dalam waktu dekat, sinergi yang dilakukan adalah dalam bidang pelatihan literasi halal kepada produsen dan konsumen, industri, UMKM dan...
Antara

Linde Rogoh Kocek US$2 Juta untuk Luaskan Pabrik

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:26 WIB
Pabrik ini dirancang dengan kapasitas untuk meningkatkan produksi yang berguna untuk mendukung pertumbuhan kebutuhan nitrogen di masa...
Ilustrasi

Pemilik Kapal 30 GT Wajib Berikan Asuransi untuk ABK

👤Bobi Kautsar 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:17 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mewajibkan pemilik kapal berukuran 30 gross ton (GT) ke atas memberikan asuransi jaminan kesehatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya