Senin 18 Januari 2021, 18:30 WIB

Meski Pandemi, Perusahaan Ritel Ini Tetap Tumbuh Pesat

mediaindonesia.com | Ekonomi
Meski Pandemi, Perusahaan Ritel Ini Tetap Tumbuh Pesat

Ist
Outlet IUIGA di Mal Ashta Ditrict 8 Jakarta.

 

PANDEMI covid-19 yang berlangsung hampir sepanjang 2020 tidak menghalangi IUIGA untuk tetap bertumbuh. Penerapan transparansi harga, promosi yang tepat, serta optimalisasi penjualan online yang diiringi dengan pembukaan gerai fisik berkonsep Retail+ menjadi strategi andalan mereka.

"Awal kehadiran kami adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan kualitas produk yang setara dengan merek besar di pasaran dengan harga yang lebih bersaing. Harga jual kami ke konsumen sangat kami kontrol di angka 1,6 sampai 2 kali harga pokok produksi sedangkan di ritel tradisional umumnya di angka 8 sampai 15. Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan antusias masyarakat Indonesia terhadap kehadiran IUIGA. Kami sadar tanpa kepercayaan masyarakat Indonesia, IUIGA tidak akan sampai seperti sekarang," ujar William Firman, Managing Director IUIGA Indonesia, dalam keterangannya, Senin (18/1).

IUIGA merupakan ritel pertama di Asia Tenggara yang menawarkan produk langsung dari pabrikan Original Design Manufacturer (ODM) dengan harga transparan. Kehadirannya di Indonesia diawali dengan suntikan dana Seri A sebesar SGD10 juta yang dipimpin oleh Konimex Group pada April 2019.  

Lalu, IUIGA hadir secara resmi di Indonesia pada Agustus 2020, melalui peluncuran website dan aplikasi untuk menjangkau seluruh konsumen di Indonesia. Pada bulan yang sama IUIGA melakukan peresmian gerai fisik pertama di Mall of Indonesia Jakarta, dengan menggunakan konsep Retail+ yang memungkinkan pelanggannya melakukan pembayaran tanpa kasir. Masih dengan konsep Retail+, IUIGA meresmikan gerai fisik kedua di ASHTA District 8 Jakarta pada November 2020.


Baca juga: Ekonomi Kreatif Sumbang PDB hingga Rp1.100 T


Tercatat, sejak hadir di Indonesia pada Agustus 2020, IUIGA mencapai tingkat pertumbuhan bulanan sampai dengan157% di Desember 2020. "Bekerja sama dengan lebih dari 600 pabrikan merek dagang terkenal di pasaran, IUIGA memastikan hanya produk dengan kualitas terbaik yang akan didatangkan untuk pasar Indonesia," imbuh William.

Sebagai salah satu bentuk perhatian terhadap para pelanggan, IUIGA juga membagikan Vitamin C secara gratis untuk setiap pembelian produk IUIGA di tahun 2020. Hingga akhir Desember 2020 sudah ada 51.020 tablet yang telah dibagikan.

Selain itu, IUIGA juga berhasil mendapatkan penghargaan dalam Origin Inovation Awards oleh TechNode Global yang diumumkan pada November 2020. IUIGA menjadi salah satu dari lima startup yang mendapatkan penghargaan pada bidang Supply Chain & New Retail di Asia.

Sebagai startup ritel yang juga melakukan penjualan secara online, IUIGA sangat memaksimalkan berbagai platform yang ada di media online. Termasuk bekerja sama dengan lebih dari 197 influencer  media sosial di Indonesia.

"Ke depan, kami akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik pada para pelanggan kami," pungkas William. (RO/S-2)

Baca Juga

DOK SHOPEEPAY

ShopeePay Gandeng Viu, Mudahkan Masyarakat Nikmati Hiburan Terbaik

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 12:43 WIB
Melalui kerja sama ini, ShopeePay akan menjadi channel pembayaran digital dalam aplikasi Viu dan memungkinkan pelanggan untuk membayar...
DOK KEMENTAN

Panen di Food Estate, Gubernur NTT Buktikan Wujud Peradaban Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 12:38 WIB
Gubernur Laiskodat dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa keberhasilan program food estate membuktikan bahwa akan terwujud peradaban...
DOK KEMENTAN

Mentan SYL Dorong Jeneponto Jadi Sentra Pertanian dan Peternakan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 12:32 WIB
Selain ternak, SYL mengatakan kementan akan memberi bantuan berupa pengembangan kebun kopi, perkebunan pisang, bibit kuda dan anakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya