Senin 11 Januari 2021, 14:15 WIB

Presiden Perintahkan Mentan Cari Lahan Khusus Produksi Kedelai

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden Perintahkan Mentan Cari Lahan Khusus Produksi Kedelai

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Seorang petani merawat tanaman kacang di lahan pertanian Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

 

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk mencari lahan yang luas sebagai pusat lokasi pengembangan kedelai. Upaya tersebut harus dilakukan guna menyudahi persoalan kenaikan harga kedelai yang terus berulang setiap tahun.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data Kementerian Pertanian, kebutuhan kedelai di Tanah Air mencapai 2,8 juta ton per tahun. Produksi dalam negeri hanya berkisar 300 ribu-400 ribu per tahun.

Itu berarti ada 2,5 juta ton yang harus didatangkan dari luar negeri. Menurut Jokowi, kedelai bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Hanya, tidak banyak petani yang mau menanamnya.

Hal itu terjadi karena proses penanaman kedelai yang dilakukan dengan skala kecil tidak memiliki nilai ekonomi yang besar. "Karena skalanya kecil, harga pokok produksinya tinggi dan harga jualnya ikut tinggi. Akhirnya tidak bisa bersaing dengan kedelai impor yang lebih murah," ujar Jokowi dalam Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/1).

Oleh karena itu, satu-satunya cara yang bisa dilakukan yaitu mengembangkan kasawan khusus produksi kedelai. "Kita harus bangun di lahan yang sangat luas. Jangan hanya 10 hektare, 100 hektare, tapi 500 ribu, satu juta hektare cari," tegasnya.

Kepala negara juga berpesan agar Kementerian Pertanian tidak sibuk mengurusi persoalan pupuk, bibit, dan hal-hal yang telah menjadi rutinitas sejak lama.
"Saya tahu itu semua penting tapi kalau bisa menyiapkan lahan yang besar, itu akan menyelesaikan masalah," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

Tokko Semesta

Ridwan Kamil Resmikan Platform Khusus UMKM Tokko

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:46 WIB
Tokko Semesta (tokko.co.id) merupakan sebuah platform digital yang dirancang untuk sepenuhnya mendukung aktivitas para pelaku UMKM dalam...
Dok.Semen Indonesia

Semen Indonesia Kembali Raih Predikat Outstanding Company dari Asiamoney

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 19:46 WIB
Penghargaan ini merupakan motivasi sekaligus semangat bagi SMGR untuk terus mendorong kinerja...
Ist/Kementan

BPP Lampung Raih Juara Realisasi Anggaran Berbasis Kinerja

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 19:32 WIB
Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung berhasil meraih juara II untuk kategori realisasi serapan anggaran di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya