Jumat 18 Desember 2020, 02:03 WIB

Bahas Investasi, Luhut Pastikan Tesla Kunjungi RI di Januari 2021

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Bahas Investasi, Luhut Pastikan Tesla Kunjungi RI di Januari 2021

AFP/John Thys
Logo Tesla dan produk mobil listrik tesla

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla akan mengunjungi Indonesia pada awal 2021.

Luhut menegaskan, Indonesia tengah mengembangkan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk mengurangi ketergantungan impor bahan bakar minyak (BBM).

“Tesla juga telah menyampaikan minat yang kuat untuk berinvestasi di Indonesia. Mereka akan lakukan kunjungan di tahun depan bulan Januari," ungkap Luhut dalam Public Launching KBLBB secara virtual, Kamis (17/12).

Dia menuturkan, Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai produsen kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Upaya pengembangan tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu langkah strategis Pemerintah dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Baca juga : BKPM-Polri Bersinergi Permudah Perizinan dan Keamanan Investasi

"Seperti Hyundai juga yang menanamkan investasi terkait kendaraan listrik. Sumber daya nikel, alumunium yang melimpah akan jadi modal dasar bagi pembangunan baterai," jelas Luhut.

Sebelumnya, dalam keterangan pers Kemenko Marves, Presiden RI Joko Widodo didampingi Luhut telah melakukan pembicaraan melalui telepon bersama CEO Tesla Elon Musk pada Jumat (11/12). Pembicaraan ini membahas mengenai peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia.

Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X.

Dilansir Electreck, penjualan Tesla pada kuartal ketiga 2020 sebesar 181 ribu unit. Elon Musk berharap hingga akhir tahun 2020 pihaknya dapat memenuhi target 500 ribu unit. (OL-7)

Baca Juga

dok.tangkapan layar

Generasi Emas, Kementan Tekankan Pembinaan Petani Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Januari 2022, 22:18 WIB
PERAN generasi muda sangat sentral dalam pembangunan nasional, dimana jumlah penduduk usia produktif akan berada di titik tertinggi sebagai...
Antara

Presiden Setujui Insentif Pajak Penjualan Barang Mewah Otomotif

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 16 Januari 2022, 21:45 WIB
Selain insentif PPnBM mobil baru, Preside juga menyetujui pemberian insentif PPn...
DOK/BOGASARI

Pembuat Roti Kaget dan Terharu Dapat 50 Gram Emas dari Bogasari

👤Media Indonesia 🕔Minggu 16 Januari 2022, 18:50 WIB
Berusia 50 Tahun, Bogasari  menggelar beragam apresiasi untuk pelaku UKM berbasis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya