Jumat 12 Juni 2020, 17:04 WIB

Wapres: Pemerintah Bisa Kewalahan Jika Terjadi Krisis Ekonomi

Emir Chairullah | Ekonomi
Wapres: Pemerintah Bisa Kewalahan Jika Terjadi Krisis Ekonomi

Antara/Aditya Pradana
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan pers terkait covid-19.

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin mengakui pemerintah bakal kesulitan jika Indonesia mengalami krisis ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah tengah berupaya menghindari keterpurukan ekonomi akibat pandemi covid-19.

“Kalau kita tunda akan sangat berbahaya. Sebab bisa menimbulkan krisis ekonomi. Untuk membangkitkannya itu terlalu berat,” ujar Ma’ruf dalam keterangan pers, Jumat (12/6).

Awalnya, pemerintah lebih fokus pada upaya penanggulangan wabah covid-19. “Tetapi, bahaya yang semula kita anggap kecil, yaitu keterpurukan ekonomi, sudah menjadi bahaya yang sama besarnya,” pungkas Wapres.

Baca juga: New Normal, Presiden Ingatkan Daerah Buka Sektor Publik Bertahap

“Karena itu, bahaya keterpurukan ekonomi juga dinilai memiliki kedaruratan yang sama untuk ditanggulangi. Selain dampak sosial dan kesehatan akibat pandemi,” imbuhnya.

Wapres berharap seluruh pihak, baik pemerintah, pelaku usaha, praktisi pendidikan, praktisi kesehatan, maupun masyarakat, bekerja sama dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

“Sekarang ini kita berada dalam suasana transisi menuju kenormalan baru (new normal). Kita harus bersiap. Saya kira tidak perlu mempersoalkan tentang istilah, karena itu menjadi istilah global. Yang penting bersiap diri menghadapi new normal,” tegas Ma’ruf.

Baca juga: Akibat Pandemi, Kerugian Negara Bisa Capai Rp 316 Triliun

Lebih lanjut, dia menekankan pemerintah terus mendorong program percepatan pemulihan dampak pandemi covid-19. Di antaranya, melakukan pelayanan kesehatan yang intensif, serta mendorong stimulus untuk dunia usaha. Agar program berhasil dijalankan, masyarakat diminta  patuh pada protokol kesehatan di masa new normal.

“Dalam kita menghadapi bahaya covid-19 dan keterpurukan ekonomi, juga diperlukan untuk selalu patuh pada protokol kesehatan. Menjaga physical distancing, menggunakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan,” tandasnya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Antara/M Risyal Hidayat

Pengurus Hotel dan Restoran Konsolidasi di Jogja

👤Mediandonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:51 WIB
Privy mengenalkan sekaligus mensosialisasikan produk Privypass sebagai salah satu fungsi identitas digital terverifikasi dalam...
Ist

Berbisnis Juga Perlu Jaga Kelestarian Lingkungan dan Sosial 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:38 WIB
Dalam berbisnis diperlukan suatu keseimbangan untuk mencapai profit sambil menjaga kelestarian lingkungan dan...
Dok.Ist

Jambaran-Tiung Biru Pertamina EP Cepu  Resmi Salurkan Energi Untuk Jatim dan Jateng

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:22 WIB
JTB akan memasok gas sebesar 192 MMSCFD untuk kebutuhan pembangkit listrik dan industri di wilayah Jawa Timur serta Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya