Selasa 02 Juni 2020, 20:13 WIB

Akibat Pandemi, Kerugian Negara Bisa Capai Rp 316 Triliun

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Ekonomi
Akibat Pandemi, Kerugian Negara Bisa Capai Rp 316 Triliun

Antara/Umarul Faruq
Pengendara melintasi mural tentang covid-19 di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur.

 

KEMENTERIAN Keuangan memperkirakan negara mengalami kerugian sebesar Rp 316 triliun akibat pandemi covid-19.

Angka itu berdasarkan perhitungan realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2020, yakni 2,97% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Itu kalau dikuantitatifkan. Tinggal dikali saja (dengan) PDB saat ini sekitar Rp 15.800 triliun," papar Kepala Pusat Kebijakan Makro Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Hidayat Amir, dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/6).

Baca juga: Tidak Biasa, Inflasi Mei Saat Ramadan Hanya 0,07%

Lebih lanjut, dia mengatakan pada situasi normal pertumbuhan ekonomi di Indonesia bisa tumbuh hingga 5%. Namun, pandemi covid-19 serta rendahnya realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal I 2020, menyebabkan koreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi menjadi 2,03%.

Akibat pandemi covid-19, ekonomi Indonesia diperkirakan tumbuh sekitar 2,3% untuk skenario berat dan minus 0,4% untuk sangat berat. Hidayat tidak menampik ada potensi peningkatan angka kemiskinan di Tanah Air.

Baca juga: Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 0%

"Setidaknya, bakal terjadi peningkatan jumlah penduduk miskin 1,89 juta orang dan angka pengangguran baru bertambah 2,92 juta orang untuk skenario berat," ungkap Hidayat.

Selain itu, dia memperkirakan angka kemiskinan bisa meningkat hingga 4,86 juta orang, jika keadaan semakin berat. Begitu juga dengan prediksi angka pengangguran yang bisa melonjak 5,23 juta orang.(OL-11)

 

 

Baca Juga

ANTARA/Septianda Perdana

Pemerintah akan Terus Lakukan Revitalisasi Pasar Tradisional

👤Agus Utantoro 🕔Jumat 03 Juli 2020, 01:45 WIB
Pada era kenormalan baru ini pasar tradisional juga harus menyesuaikan diri. Salah satunya, katanya, pengunjung pasar maupun pedagang harus...
ANTARA/M Risyal Hidayat

Tanjung Priok Siap Jadi Pelabuhan Hub Internasional

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Juli 2020, 01:10 WIB
Pemberlakuan Traffic Separation Scheme (Bagan Pemisah Alur Laut) mulai 1 Juli 2020 diyakini akan meningkatkan lalu lintas kapal di Selat...
Ilustrasi

Project Financing Diperlukan Pelaku Industri Kreatif

👤Retno Hemawati 🕔Kamis 02 Juli 2020, 22:47 WIB
Likuid Projects meyakini layanan project financing dapat menjadi akses pembiayaan alternatif bagi para pelaku industri kreatif di tengah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya